Mojokerto Kota Pelayanan, Raih Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana


MOJOKERTO - Walikota Mojokerto Mas’ud Yunus kembali menerima penghargaan penyelenggaraan tata kelola pemerintahan daerah terbaik yaitu penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Rencananya penghargaan ini akan diberikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada puncak acara peringatan hari otonomi daerah ke-XX tahun 2016 di Alun-alun Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/4).

Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha adalah penghargaan tertinggi yang diberikan oleh Presiden kepada Kepala Daerah yang berkinerja terbaik dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2014. Penghargaan ini diberikan dalam rangka merefleksikan kembali makna kebijakan desentralisasi dan otonomi daerah (OTDA) yang telah diimplementasikan sejak tahun 1999.

Selain Walikota Mojokerto, sembilan Walikota lainnya penerima tanda kehormatan ini yaitu Walikota Surabaya, Walikota Semarang, Walikota Probolinggo, Walikota Samarinda, Walikota Madiun, Walikota Balikpapan, Walikota Surakarta, Walikota Malang dan Walikota Blitar. Untuk tingkat Provinsi, Gubernur Jawa Timur, Gubernur Jawa Tengah dan Gubernur Jawa Barat juga menerima penghargaan ini.

Tjahjo Kumolo, Menteri Dalam Negeri menuturkan bahwa tujuan diberikannya penghargaan ini agar pemerintah daerah semakin mandiri dalam penyelenggaraan pemerintahan yang berdasarkan asas umum tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Sekaligus mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas pelayanan publik yang berbasis pada pemenuhan kebutuhan masyarakat.

Dalam penilaian ini, tim melakukan evaluasi dan monitoring yang mendalam terhadap otonomi daerah dan kinerja pemerintahan daerah. Sumber informasi utama dalam EKPPD adalah LPPD. Kemudian ditunjang dengan informasi pendukung berupa Laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD, Informasi Keuangan Daerah, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah Daerah, serta aspek-aspek lain yakni aspek kebijakan, kelembagaan, dan SDM pada otonomi daerah.

Walikota Mojokerto Mas’ud Yunus atas diperolehnya penghargaan ini mengucapkan terima kasih kepada semua pihak. Baik dari jajaran aparatur Pemerintah Kota Mojokerto, DPRD dan seluruh masyarakat.

“Dengan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat penghargaan ini dari tahun ke tahun dapat kita raih. Tentunya kita tidak boleh berpuas diri. Penghargaan ini sebagai tolok ukur penyelenggaraan Pemerintahan Kota Mojokerto, harus dapat berjalan lebih baik lagi. Lebih bersemangat melayani masyarakat untuk kesejahteraan warga Kota Mojokerto,” tutur Walikota. (Humas/ris) 
Lebih baru Lebih lama
Advertisement