Pemkab Diminta Membangun Akses Jalan Gua Kikil

BOJONEGORO – Santoso, Kades Desa Sumberjo, Kecamatan Malo, punya obsesi besar mengembangkan Gua Kikil, yang terletak di dukuh Kembangan tersebut bisa dijadikan obyek eko wisata alam. Sebab, gua kikil ini merupakan peninggalan pra sejarah memiliki ke unikan tersendiri. Apa itu ?.  ya gua kikil  dilalui air mengalir tingkat tiga. Sehingga, unik, menarik, dan alami.

Sayangnya potensi ekowisata ini belum banyak dikenal public. Padahal keunikannya, sangat luar biasa.  Gua Kikil, jika digarap dengan baik maka  dapat dijadikan destinasi wisata local maupun regional dan bahkan internasional. “ Mimpi saya memang seperti itu, gua kikil bisa jadi tujuan wisata alam, bagi masyarakat local, maupun masyarakat luar,” kata Santoso.

Kendalanya, saat ini ungkap Santoso  lebih dipengaruhi akses jalan menuju lokasi.  Menurutnya, akses jalan yang ada saat ini ala kadarnya, terdiri sebuah jalan berupa bebatuan. Kondisi ini yang menyebabkan masyarakat enggan ke gua kikil. Santoso, berfikir, untuk menjadikan gua kikil menjadi tujuan wiasata, memang diakui perlu kepedulian Pemkab Bojonegoro, dan DPRD.

Kenapa demikian, sector pariwisata sejatinya ungkap Santoso, dapat memberikan kontribusi signifikan pada daerah, selain pada masyarakat sekitar. Masyarakat daerah sekitar lokasi, dapat membangun kesejahteraan ekonomi melalui usaha warung makan, souvenir, dan lain –lain. Namun, karena terbentur infrastruktur jalan, gua kikil masih belum banyak dikenal di masyarakat.

Dalam kesempatan dikonfirmasi media ini, Santoso , berharap Pemkab dan DPRD memasukan gua kili dapat anggaran untuk pembangunannya. Agar gua kikil sebagai destinasi wisata alam dapat  diwujudkan. Jika gua Kikil. Infrastruktur jalannya dibangun, sampai ke lokasi gua, pasti bakal dapat kunjungan lebih banyak lagi dari masyarakat. Karena, dengan akses jalan menuju lokasi yang baik, motor, dan mobil bisa masuk ke lokasi secara aman, di tambah  dibangunkan kios –kios untuk berjualan makanan dan souvenir.

Secara ke ekonomian, munculnya gua kikil yang didukung infrastruktur dan fasilitas di lokasi yang cukup baik, ungkap Santoso, tentunya dapat menumbuhkan usaha –usaha baru yang dilakukan warga masyarakat menuju Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). UMKM yang terus tumbuh sejalan dilaksanakan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat serta memajukan sector pariwisata alam di kabupaten Bojonegoro. (Cip)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement