Ijen Trail Running Dijadikan Agenda Tahunan Pemkab Bondowoso


BONDOWOSO - Salah satu rangkaian Bondowoso Ijen Festival 2016 yang bertajuk Internasional Ijen Trail Running katagori 70 km, dilepas pada tengah malam sabtu 21/05/2016. Dalam kategori ini, sebanyak 61 pelari melintas kawasan Lereng Ijen dengan jarak tempuh 70 km. Sedangkan, untuk kategori 42 km, 21 km dan 10 km dilepas pada malam minggu 22/05/2016 sekitar pukul 05.00 Wib.

Lari lintas alam dikawasan Lereng Ijen ini, meraih sukses untuk ke dua kalinya. Jika pada tahun ini meningkat hingga 15 negara, demikian kata Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni, dalam konferensi pers di Arabica Home Stay Hotel Kalisat Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso.

Pada penyelenggaraan tahun 2016 ini, diikuti sebanyak 338 peserta dari 15 negara. Ada 4 kategori 10 km, 21 km, 42 km dan dang paling jauh 70 km. Kegiatan ini sudah terjadwal pada kalender Asia Trail Master setiap tahun, katanya.

Besaran hadiah menurut bupati standatnya sudah di atur oleh Asia Trail Master. Hadiah tersebut bukan yang utama bagi peserta, hanya sebuah apresiasi saja. Mereka tidak mencari hadiah, tetapi sebagai prectice dan pengalaman saja, kata bupati kepada sejumlah awak media. Menurut bupati, yang baru saja dinobatkan menjadi Presiden Republik Kopi, Internasional Ijen Trail Running ke dua ini akan melintasi beberapa obyek wisata di Lereng Gunung Ijen.

Nantinya peserta akan melalui jalur yang sudah di tentukan panitia, termasuk jalur setapak. Dan akan melewati berbagai destinasi wisata disekitar pegunungan Ijen, seperti Kawah Wurung, Kawah Ijen, Pemandian Air Panas, Air Terjun, Blawan dan Puncak Megasari, tutur bupati.

Karena start akan di mulai tengah malam, sambung bupati, panitia sudah menyiapkan petugas dibeberapa titik dan penunjuk arah agar peserta tidak tersesat. Saya harap besok sore (hari ini, red) sudah tiba di garis finish, karena itu peserta diberangkatkan tengah malam, tandasnya. 

Bupati berharap, dengan event-event seperti Internasional Ijen Trail Running ini, kunjungan wisata baik lokal atau manca negara bisa meningkat. Maka dari itu, kegiatan ini akan menjadi agenda tahunan Pemkab Bondowoso. Jika dulu wisatawan datang, naik ke Kawah Ijen lalu turun kemudian pulang. 

Dengan Internasional Ijen Trail Running saya berharap wisatawan bisa stay lebih lama. Kita ingin menunjukkan destinasi wisata alam yang bisa dinikmati oleh peserta Internasional Ijen Trail Running tersebut, pungkasnya. (Tok/Hen)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement