Pemkab Bondowoso Berkomitmen Perangi Narkoba


BONDOWOSO - Pemerintah Kabupaten Bondowoso berkometmen untuk terus berperang melawan narkoba. Bentuk kometmen tersebut dilakukan dengan program Gerakan Terpadu Bersih Narkoba (Gerdu Bersinar) melalui tes urine kepada PNS di lingkungan Pemkab Bondowoso. Tes urine itu, menurut Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni, dikhususkan kepada pejabat Eselon II dan III. Gerdu Bersinar ini, merupakan gerakan yang bisa dilaksanakan secara terencana, terarah dan berkelanjutan. tidak hanya jajaran Pemkab Bondowoso, tetapi juga seluruh Muspida, ucapnmya.

Bupati Amin Said Husni berkeyakinan bahwa, seluruh pejababt Eselon II dan III yang akan di tes urine itu negatif narkoba. Karena, kata bupata tidak ada dari pejabat dilingkungan Pemkab Bondowoso yang menjadi user atau pengguna obat terlarang itu. Tes erine ini kita laksanakan sebagai bentuk keteladanan bagi masyarakat. Maka dari itu, saya wajibakan kepada seluru Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk melakukan tes urine dan secara berkelanjutan seluruh karyawan Pemkab Bondowoso juga akan di tes urinen, tuturnya.

Sementara itu, Kapolres Bondowoso AKBP Afrisal SIK menerangkan, jika memang dari tes urine itu ada yang positif mengkosumsi barang haram itu, pihaknya akan berkordinasi dengan Pemkab Bondowoso, dalam hal itu Bupati, sambung Kapolres jajarannya akan melakukan tindakan hukum.

Tidakan hukum dimaksud bukan harus diproses secara pidana, tetapi rehabilitasi. Karena program pemerintah sekarang apabila ada aparatur pemerintah yang terlibat narkoba, baik itu pengguna akan direhabilitasi sesuai dengan Surat Edara Mahkama Agung, teran Kapolres AKBP Afrisal SIK usai melakukan tes urine di ruang Bupati Bondowoso. 

Hasil tes urine milik Bupati Bondowoso Drs H. Amin Said Husni dan Muspida yang lain negatif narkoba dan alkohol. Hal ini dilihat dari hasil tes yang ditunjukkan kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso Dr. Muhammad Imron yang mengkoordinir tes urine tersebut. Dari 7 indikator yang diperiksa, hasil memang negatif. Indikator dimaksud meliputi kadar alkohol, asitamin, kokain dan opium semuanya negatif, paparnya Dr. Muhamad Imron.(Tok/Hen)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement