Dana PID Desa Wonomerto 2016 Penggunaannya Tidak Jelas

JOMBANG – Pembangunan TPT dan jembatan yang ada di Desa wonomerto Kec. Wonosalam sangat tidak masuk akal karena tidak di dukung dengan papan nama informasi dan gambar yang jelas serta dalam pengerjaannya justru pengembangannya didahulukan sementara bangunan pokok yang sesuai proposal dikerjakan belakangan, ini menyebabkan banyak pertanyaan, sedangkan arah aliran sungai tidak diperhatikan yang berakibat bisa merugikan pihak lain terutama di bantaran aliran air.

Hal ini tejradi pada RT. 03 Dsn. Wonotirto Ds. Wonomerto yang diperkirakan menghabiskan dan kurang lebih Rp. 75.000.000 yang berasal dari Pagu Indikativ Desa (PID) yang pengelolaannya dilakukan secara sewa kelola oleh LPMD (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa) secara otomatis keluar masuk ataupun penggunaan dananya bisa diketahui masyarakat secara luas, karena dalam program ini untuk memancing swadaya dari warga sekitar.  Menurut Pak Siman (50) selaku kepala tukang “dirinya diberi honor Rp. 90.000, sedangkan tukang Rp. 80.000 dan pembantu tukang Rp. 65.000 selama 8 jam hari kerja. Pada saat melaksanakan bangunan tidak diberi gambar bangunan”, ungkapnya.

Sedangkan Taji sebagai ketua LPMD dan Sidik Mulyono kaur pembanngunan belum bisa dimintai keterangan dikarenakan tidak berada ditempat. Pada waktu yang sama Sarwan salah satu pengurus LPMD menjelaskan bahwa pelaksanaan ini sudah dianggap benar meski papan proyek tidak terpasang dan tanpa adanya gambar serta terima kasih atas masukan –masukan dari semua pihak, karena saya sendiri sudah memberikan jasa pada salah satu media yang hingga saat ini tidak muncul lagi.

Kepala desa Wonomerto Bambang (49) saat dikonfirmasi (12/07/2016) membeberkan "dana PID Desa kami sejumlah Rp. 200.000.000 yang dibagi menjadi tiga titik Rp. 75.000.000 untuk TPT kemudian Rp. 125.000.000 untuk makadam dan paving SD II Wonomerto yang rencananya dikerjakan oleh Rekanan", jelasnya. Disisi lain pendamping PID belum bisa ditemui dan warga berharap agar dana tersebut digunakan dengan sebaik mungkin. (Jito)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement