DKP Kota Probolinggo Monitoring Dan Evaluasi Pengembangan Perikanan Tangkap


PROBOLINGGO - Guna dapat mengakses kegiatan yang selama ini digeluti masyarakat nelayan terkait pengelolaan dan pengembangan perikanan tangkap, maka Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kota Probolinggo menggelar kegiatan monitoring dan Evaluasi Pengembangan Perikanan Tangkap, Kamis (23/6).

Agenda yang berangsung di gedung laboratorium DKP yang berada di jalan Lingkar Utara (JLU) Kecamatan Mayangan ini dihadiri oleh Kepala DKP, Ir A. Yudha Sunantya MMi, Kabid Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan DKP, Ir Fitriawati MM serta 50 undangan yang tergabung dalam KUB (Kelompok Usaha Bersama) tankap kota Probolinggo binaan dinas tersebut.

Dalam sambutannya, Kadis DKP Yudha Sunantya mengatakan  dasar pelaksanaan kegiatan monitoring ini mengacu pada Peraturan Menteri (Permen) Kelautan dan Perikanan RI Nomor 37/Permen-KP/2015 tentang petunjuk teknis penggunaan DAK Bidang Kelautan dan Perikanan tahun 2016, serta perwali nomor 67 tahun 2015, tentang Penjabaran anggaran pendapatan dan belanja daerah kota Probolinggo tahun 2016. “Sedangkan tujuan  memonitor kinerja KUB yang selama ini inten menjadi binaan DKP yang ujungnya akan diberikan bantuan alat tangkap dan alat bantu penangkapan ikan.”Ujar Yudha.

Lebih lanjut mantan Kadispertan tersebut menambahkan dengan bantuan tesebut merupakan bentuk solusi yang diberikan dinasnya dalam memotivasi nelayan dan pelaku usaha untuk terus intens dalam menjalankan usaha penangkapan ikan. “Diharapkan dengan bantuan ini, akn dapat menambah perbendaharaan alat tangkap yang dibutuhkan, sehingga hasil yang diperoleh akan sesuai dengan harapan semua pihak.”tambahnya.

Smentara Ir Fitriawati MM, Kabid Pengelolaan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan yang dalam kesempatan tersebut menjadi narasumber, mengatakan kegiatan melihat dan mengevaluasi apa yang menjadi tugas KUB dalam melakukan aktifitas penangkapan ikan, akan semakin sempurna ketika kita menemukan sesuatu yang dibutuhkan oleh pelaku usaha pengembangan perikanan tangkap. Selain menyampaikan pemaparannya, Fitri juga membuka ruang dialog dengan para undangan yang hadir.

Kegiatan ini juga dibarengi dengan prosesi pemberian bantuan secara simbolis oleh Kadis Kelautan dan Perikanan, Yudha Sunantya kepada perwakilan KUB yang ada di kota Probolinggo. Ditempat yang sama, saat dimintai komentarnya terkait agenda tersebut, Yudha mengatakan dengan diadakannya monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan yang selama ini digeluti warga kota utamanya yang berada di pesisir pantai kota Probolinggo, diharapkan kemampuan anggota KUB ini semakin baik.

Adapun bantuan yang dimaksud, terdiri dari Gilnet 40 unit, pancing 43 unit, Bagan tancap 8 unit, Bubu 12 unit, GPS 5 unit, Rumpon 5 unit serta Mesin Perahu 7 Unit. (Suh) 
Lebih baru Lebih lama
Advertisement