Jadi Imam Sholat Id, Wali Kota Mas'ud Ajak Merawat Taqwa


MOJOKERTO - Sholat Idulfitri 1437 Hijriyah / tahun 2016 kali ini Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus menjadi Imam dan Khotib di Masjid Agung Al Fattah Kota Mojokerto Rabu (6/7). Wali kota yang juga seorang kyai ini menyampaikan khotbahnya yang berjudul “merawat taqwa”.

Datang bersama istri, Siti Amsah Mas’ud Yunus, dan didampingi Sekretaris Daerah Mas Agoes Nirbito Moenasi Wasono sholat Idulfitri pagi hari itu berlangsung penuh dengan kebersamaan dan kekeluargaan. Sementara Wakil Wali Kota Suyitno sholat Idulfitri di Lapangan Gelora A Yani Kota Mojokerto.

Dalam khotbahnya, wali kota menyampaikan bahwa ajakan ibadah puasa yang kita lakukan di bulan Ramadan tidak ada maksud menyiksa dan menyengsarakan kita. Melainkan dengan puasa itu Allah mendidik kita, melatih kita, agar umat islam dapat mencapai derajat ketaqwaan yang tinggi. 

“Karena dalam pandangan Allah, martabat manusia bukan diukur dari pangkat dan jabatannya, kekayaan, keturunan dan suku bangsanya. Tapi Allah akan mengukur dan mencatat seseorang dari tingkat ketaqwaannya,” serunya.

Kyai Ud, sapaan akrab wali kota Mas’ud Yunus pun lantas membacakan quran surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya; sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah adalah yang paling taqwa di antaramu. Dan quran surat Al A’raf ayat 96 yang artinya; Dan andaikan penduduk sebuah negeri, beriman dan bertaqwa (kepada Allah) niscaya kami akan membuka atas mereka berkah dari langit dan bumi.

Sungguh menakjubkan apabila puasa kita dapat menggapai tingkat ketaqwaan yang tinggi, kita akan menjadi bangsa dan warga kota yang bermartabat. “Semua persoalan bangsa dan masyarakat akan diberi solusi oleh Allah SWT. Masyarakat dan bangsa kita akan sejahtera, negeri ini menjadi makmur loh jinawi, baldatun thoyibatun wa robbun ghofur,” jelasnya.

Dalam memantapkan keimanan Kyai Ud menuturkan ada tiga langkah yang harus kita lakukan untuk merawat taqwa. Yaitu dengan selalu memantapkan iman mendekatkan diri dan mengingat dengan selalu berdzikir kepada Allah, menegakkan sholat dan berjamaah untuk kesempurnaan sholat, serta berinfaq dengan mendermakan sebagian harta kita di jalan Allah.

  Usai sholat Idulfitri, wali kota dan wakil wali kota menggelar open house di rumah dinas masing-masing. Terlebih dahulu wakil wali kota Suyitno bersilaturahim ke rumah dinas wali kota di Jalan Hayam Wuruk. Tampak keakraban sepasang pemimpin daerah Kota Mojokerto yang mencerminkan kebersamaan keduanya dalam membangun daerah.

Di hari pertama wali kota menggelar open house di rumah dinas wali kota dengan dihadiri para pejabat forkopimda hingga seluruh kepala SKPD dan masyarakat di sekitar rumah dinas di lingkungan Magersari. Setelah itu pada hari kedua atau tanggal 7 Juli hingga Minggu 10 Juli nanti Wali Kota Mas’ud Yunus menggelar open house di rumah pribadinya untuk seluruh masyarakat Kota Mojokerto.

“Yang datang di atas pukul sembilan pagi akan saya suguhi soto APBD. Ini soto dari uang rakyat akan disuguhkan untuk seluruh masyarakat Kota Mojokerto yang hadir di rumah saya di Kedungmulang gang 2 Surodinawan,” tutur wali kota. (Humas/ris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement