Pelayanan Prima Modal Dasar Puskesmas Untuk Akreditasi

KEDIRI - Kita sering mendengar bahkan mengucapkan Yanma yaitu Pelayanan Prima. 4 (empat) Tahun sudah Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Kesehatan (PPSDMK) melaksanakan kegiatan Yanma di Puskesmas, ternyata tanpa disadari semua yang ada di program Yanma juga ada di program akreditasi Puskesmas.
Contoh saja : tentang Alur Proses Laporan, tentang Dokumen, tentang 5R (Ringkes, Rapi, Resik, Rawat, Rajin), tentang 3S (Senyum, Salam, Sapa). Dengan proses ini adalah modal dasar Puskesmas untuk akreditasi. 

I. Di dalam proses Yanma tentang Alur Proses Laporan harus ada :
 
1. Denah Ruang yang terpasang jelas, sehingga pelanggan tahu di tempat layanan yang telah dituju.
 
2. Hak dan kewajiban pasien harus terpasang dengan jelas, seperti tarif, atau kewajiban membawa kartu berobat jika akan menggunakan layanan Puskesmas, dan masih banyak contoh lainnya. 
 
II. Tentang Dokumen
Di Yanma Puskesmas mulai harus membuat Manual Mutu sebagai acuan didalam membangun system yang diinginkan oleh Puskesmas sendiri. III.             Di dalam aktifitas maka diwajibkan menggunakan prinsip 5R :
1.      R (Ringkes) Bagaimana membuat system layanan yang cepat dengan kejelasan waktu, serta system penataan dokumen yang baik dan mudah untuk dikendalikan.
2.      R (Rapi) Setiap aktifitas selalu dituntut kerapian seperti penataan dokumen, pengelolaan barang, dll. Ini terkandung maksud supaya dalam kegiatan dengan mudah untuk dilakukan penelusuran baik dokumen atau bukti-bukti kegiatan.
3.      R (Resik) Puskesmas sebagai tempat layanan public juga harus menjamin jangan sampai terjadi penularan penyakit yang disebabkan oleh alat, tata graha, dan lingkungan Puskesmas. Untuk itu, Puskesmas harus menjamin safety pasien dan petugas dari sumber penularan.
4.      R (Rawat) Rawatlah secara baik sarana dan prasarana dengan system penjadwalan yang kontinyu, sehingga tidak akan terjadi suatu kerusakan yang menimbulkan terganggunya sebuah system pelayanan.
5.      R (Rajin) Jika system sudah terbangun maka semua harus menjalankan sitem itu, serta selalu rajin melihat perkembangan-perkembangan yang mendukung untuk perbaikan sebuah system sehingga akan terbangun sistemnya dan continue improvement.

Dengan menerapkan prinsip 5R maka setiap karyawan wajib melaksanakan prinsip tersebut dalam bekerja, karena karyawan Puskesmas atau organisasi adalah potret awal atau cermin dari bagaimana dia menjalankan sebuah system layanan yang terjamin mutunya, konsep ini di Yanma juga membangun dengan prinsip 3S (Senyum, Salam, Sapa). Apabila prinsip-prinsip ini sudah menjadi kebiasaan maka performa petugas didalam memberikan layanan tidak akan diragukan lagi (professional). (dim)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement