Dispendik Tak Akan Paksakan Full Day School

SIDOARJO - Wacana Full Day School yang dilontarkan  Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Muhajir  Effendi, ternyata  tidak serta merta bisa diterapkan di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Dinas  Pendidikan Sidoarjo Mustain Baladan  menjelaskan, pihaknya  tidak akan  memaksa  sekolahan  untuk  menerapkan  kebijakan ini, jika nantinya memang benar-benar diterapkan. 

“Biar  pihak sekolahan dan orang tua yang  menentukan  kebijakan  ini. Kalau  memang  tidak siap, ya tidak usah dipaksakan,” jelas Mustain, Kamis (11/8/2016).

Mustain  menambahkan, sebenarnya  program  full  day  school  ini sudah diterapkan oleh beberapa  sekolahan  di Sidoarjo. Dan  hal  itu bukan  sesuatu  yang baru.

“Ada sekolah  yang  memang  siap  menerapkan  full  day  school  dengan  dukungan penuh orang tua. Namun banyak juga sekolahan yang tidak bisa menerapkan sekolah itu,” ungkap Mustain.

Hal yang sama juga disampaikan H.Usman ketua komisi D DPRD Sidoarjo yang  membidangi pendidikan. Saat ditemui di ruang kerjanya, Usman  menegaskan  wacana full day school  jangan  sampai dijadikan  sebuah  kewajiban.

Lebih baik, wacana itu  dijadikan  pilihan, dan biar  sekolah  yang  menentukan  apa  layak tidaknya  sekolah  itu  full day. “Sidoarjo bukannya  tidak  mampu,  tapi  jeda  waktu  juga  harus  dilihat, kapan  anak bersosialisasi  dengan  lingkungan, kapan waktu sekolah,” ungkap Usman. (had)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement