Walikota Probolinggo ajak Masyarakat lakukan pengamanan Lahan



Walikota Hj Rukmini ketika menerima bantuan bibit mangrove dari Kardi Suwito, GM Pelindo III Cab. Probolinggo

PROBOLINGGO - Bertempat di Pesisir Ketapang Kota Probolinggo Jumat (5/8) kemarin Badan Lingkungan Hidup kota Probolinggo menggelar Apel peringatan Hari Dekradasi Lahan Sedunia tahun 2016. Hadir dalam kesempatan tersebut, Walikota Probolinggo Hj Rukmini SH, MSi, Sekdakot Drs H Jhoni Hariyanto MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Ir Budi Krisyanto, Kepala SKPD, Camat, Lurah serta unsur lembaga pendidikan.

Dalam laporanya Ketua Panitia Ir.Sukarning Yuliastuti ,M.Si mengatakan bahwa pada tahun 1994 Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) melalai Resolusi sidang umum PBB Nomor.A/RES/49/115 telah telah mendeklarasikan tanggal 17 Juni sebagai Hari Penanggulangan Dekradasi Lahan Sedunia(The world Day to combat Desertification).Melihat hal tersebut di harapkan dapat meningkatkan kesadaran Masyarakat Dunia akan bahya dekradasi lahan Sedunia bagi keterlangsungan hidup manusia"Ujarnya.

Menurut Sukarning Tema Tahun ini terkait dengan Isu Global yang sedang mengemuka yaitu ,Lindungi Bumi ,pelihara lahan dan libatkan masyarakat (Protect earth restore land engage people) yang intinya mengajak kita semua untuk untuk melakukan aksi penanggulangan dekradasi lahan sebagai upaya peningkatan kesiagaan dan ketahanan terhadap perubahan iklim"tambhanya.

Sementara itu Walikota Probolinggo Hj .Rukmini SH,M,Si mengungkap bahwa peringatan hari Degradasi lahan di mulai Bulan Juni sampai November 2016.Peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan perhatian terhadap tanah dan lahan dalam adaptasi perubahan iklim ,dengan meningkatkan dukungan untuk pengelolaan lahan secara berkelanjutan "Ungkapnya.

Lebih jauh Rukmini mengatakan "kita merasakan di tahun ini bumi menunjukan perubahan yang ekstrim ,dimana di beberap tempat mengalami musim penghujan yang tidak biasa seperti yang kita rasakan .Itu membuktikan bahwa perubahan iklim sekarang datang lebih cepat dari yang di prediksi, Dan juga hampir setiap tahun 1,2 juta hektar lahan di Indonesia menjadi tidak produktif lagi akibat dekradasi lahan.maka Dari itu hari penanggulangan Dekradasi lahan menekankan pada upayan yang di perlukan untuk pengamanan jangka panjang.

Ditempat yang sama, Kardi Suwito, General Mananger Pelindo III Cabang Probolinggo yang dalam kesempatan tersebut memberikan bantuan bibit pohon mangrove pada pemerintah kota Probolinggo melalui dinas terkait, saat diwawancarai wartawan media ini mengatakan motivasi memberikan bantuan tersebut sebagai upaya untuk berbaikan lingkungan di kota probolinggo “Dengan lingkungan yang tertata dengan baik otomotis dampak lingkungan yang baik juga bisa kita rasakan.”Ujarnya. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement