Kini Di Situbondo Panambangan Liar Merajalela


SITUBONDO - Maraknya penambangan liar (ilegal Minning) di Kabupaten Situbondo dalam beberapa tahun terakhir tampaknya membuat semua elemen masyarakat gerah. Termasuk para mahasiswa di Situbondo yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Situbondo. 

Dan sebagai akibat dari maraknya kegiatan tambang liar tersebut, tepat pada pukul 10.00 WIB, Kamis (4/8), sejumlah mahasiswa PMII Cabang Situbondo telah menggelar sebuah aksi demonstrasi yang isi dan tujuannya agar kegiatan penambangan tak berijin di Situbondo segera ditutup ataupun dihentikan secepatnya, karena dampaknya terhadap lingkungan hidup sekitar sangat signifikan.

Mereka mengawali aksinya dengan mendatangi kantor Pemkab Situbondo dengan tujuan ingin bertemu dengan Bupati Situbondo, H. Dadang Wigiarto, SH. namun gagal. Setelah gagal menemui Bupati, mereka terus kemudian bergerak ke arah (Pendopo) Rumah Dinas Bupati yang ada di jalan kartini Nomor 1. Namun di Pendopo itu pun mereka telah gagal  menemui orang nomor satu di bumi shalawat Nariyah ini.

Lalu mereka terus bergerak menuju Mapolres Situbondo di Jalan PB Sudirman. Di depan Mapolres, mereka ditemui salah satu perwira polisi dan sejumlah perwira polisi tersebut berjanji akan menindaklanjuti aduan para mahasiswa seputar tambang liar.Tak hanya berhenti  di Mapolres, mereka melanjutkan aksinya terus ke Kantor DPRD Situbondo. dan di kantor wakil rakyat itulah mereka ditemui Ketua dan wakil Ketua DPRD yakni H. Bashori Sanhaji dan Zeiniye.

Ketua dan Wakil Ketua DPRD Situbondo tersebut berjanji akan menindaklanjuti aspirasi mereka dengan cara akan mengundang mereka dalam sebuah acara.“Persoalan pertambangan liar di Situbondo ini bukan hanya persoalan kalian, tapi masalah bagi kita semua, dan untuk itu cara menyelesaikannya adalah dengan cara bersama-sama seluruh unsur mulai dari warga masyarakat sendiri, aparat hukum, Disperindag, DPRD dan juga kalian. 

Untuk itu kami berjanji akan memberikan jalan keluarnya minggu depan kami DPRD akan mengundang kalian dalam sebuah pertemuan,” janji Zeiniye,S.ag di hadapan mahasiswa PMII Situbondo, Kamis (4/8). (ima)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement