Bupati Kapuas Pimpin Ziarah Nasional Di TMP Surya Candra

KUALA KAPUAS - Salah satu rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 71 di Kabupaten Kapuas, diantaranya Ziarah Nasional, seperti apa yang dilaksanakan pada hari rabu (24/8) pagi di Taman Makam Pahlawan Surya Candra di Anjir Sarapat Km.10 Kecamatan Kapuas Timur.

Bertindak selaku pemimpin Ziarah Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat diikuti oleh Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin didampingi Isteri Ny.Nor Afiati Muhajirin M.Pd, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas, Sekretaris Daerah Rianova, para Kepala SKPD Kabupaten Kapuas, Camat Kapuas Timur beserta unsur Tripika Kecamatan, para Kades, para pelajar SLTA Kacamatan Kapuas Timur, serta Tokoh Agama dan Tokoh masyarakat Kecamatan Kapuas Timur.

Prosesi acara dilakukan dengan penuh hikmad didahului dengan penghormatan yang dipimin langsung oleh Bupati Kapuas, peletakan karangan bunga, dilanjutkan dengan tabur bunga dipusara para Pahlawan serta ramah tamah di rumah juang dengan para keluarga para pahlawan dan penyampaian bingkisan serta bantuan kepada para keluarga pahlawan oleh Bupati Kapuas.

Husnan Efendi dengan nada haru mewakili keluarga para pahlawan dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas khususnya  Bupati Kapuas atas perhatian, baik kepada para Pahlawan maupun kepada keluarganya, dia berharap kedepan agar hal yang sama dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam arahannya saat acara ramah tamah mengatakan bahwa sepatutnya Pemerintah dan semua anak Bangsa menghormati perjuangan para Pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan, membela dan mempertahankan Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan menghormati dan menghargai jasa dan perjuangan mengisi kemerdekaan dengan pembangunan di segala bidang.

“Saya minta kepada Panitia HUT Kemerdekaan Republik Indonesia agar setiap tahun mengagendakan ziarah ke makam pahlawan Surya Candra. Secara pribadi dan atasnama Pemerintah Kabupaten menyampaikan penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para pejuang di Anjir Serapat. Juga, kepada keluarga pejuang yang telah merawat dengan baik makam para pahlawan kita. Demikian pula rumah juang yang bersejarah ini, perlu diperkenalkan kepada masyarakat sebagai bukti sejarah” pinta Ben

Sebagai akhir dari rangkaian ziarah dan anjangsana, diserahkan pula tali asih atau bantuan dana maupun bingkisan yang diterima oleh seluruh keluarga pahlawan serta dialog yang dilakukan dengan penuh kekeluargaan. (Nata)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement