Tari Remo Hiasi Pagelaran Pawai Budaya Semipro 2016

PROBOLINGGO - Kesenian tradisional Jawa Timur Tari Remo tampil apik di gelaran Pawai Budaya Semipro (Seminggu di kota Probolinggo) tahun 2016, Minggu (28/8). Hal ini yang disajikan oleh Bagian Umum Pemkot Probolinggo  pada keikutsertaannya dalam momen tersebut. 

Seperti diketahui, seni tari yang sudah melegenda ini merupakan satu dari sekian budaya khas Jawa Timur yang selama ini mampu mengangkat provinsi tersebut hingga manca Negara dengan tari Remonya. Dalam Pawai Budaya yang mengambil rute sepanjang Jalan Panglima Sudirman kota Probolinggo ini, Bagian Umum terbukti bisa menampilkannya secara apik.

Sekelompok penari dengan gaya khasnya terbukti mampu menghipnotis penonton dengan sajian menarik. Gerakan tari Remo yang cenderung enerjik tersebut, mendapat antusias yang cukup tinggi dari masyarakat yang menyaksikan tampilan tersebut.  Hal ini dibuktikan dengan perhatian warga terhadap kolaborasi yang tertata cukup baik pada formasi penari. “Budaya tari Remo ini merupakan peninggalan para pekerja seni Jawa Timur. Selayaknya kita bangga dan bertekad melestarikannya. “Ujar Drs Rahma Deta Antariksa MSi, Kabag Umum Pemkot Probolinggo.

Menurutnya, apapun kesenian yang ditampilkan dalam kegiatan Pawai Budaya ini diharapkan mampu memotivasi masyarakat untuk lebih mencintai kesenian dan budaya tanah air. “Terlebih kesenian tersebut merupakan satu bentuk tarian dari daerah dan dikenal dihampir pelosok negeri seperti tari Remo ini yang menjadi legenda seni bagi masyarakat jawa Timur.”Ujarnya.

Yang pasti tari Remo yang disajikan Bagian Umum ini, telah menjadi perbendaharaan dalam gelaran Pawai Budaya Semipro 2016, satu agenda tahunan yang bertujuan memperkenalkan berbagai potensi yang ada di kota Probolinggo termasuk mendukung geliat perekonmian masyarakat setempat. (Suh)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement