Sektor Informal Solusi Penyerapan Tenaga Kerja

BANYUWANGI - Masa kini untuk mencari pekerjaan secara formal, tipis sekali harapannya, untuk itu sekarang banyak tumbuh usaha-usaha kecil yang tumbuh, seperti para pemuda sekarang banyak berkecimpung mendirikan usaha kecil, seperti membuka usaha warung-warung lesehan, yang sekarang menjamur di kota-kota maupun didesa.

Untuk itu Dinas Koparesi UMKM Banyuwangi sangat peduli dengan adanya kegiatan usaha anak bangsa dalam mencari pekerjaan disektor informal. Ditemui dikantornya  Kepala Dinas Koperasi UMKM Banyuwangi “ Alif .R.Kartiono SE “ dikantornya menjelaskan bahwa pada tahun 2017 Dinas Koperasi UMKM akan mengadakan kegiatan memberikan seperti pelatihan bagi usaha kecil yang sifatnya berpotensi di daerahnya.

Semua itu tujuannya untuk pengembangan wira usaha baru, juga pengembangan kwalitas prodak. Pengembangan kwalitas prodak ini muaranya adalah peningkatan daya saing, dan penumbuhan usaha baru ini basisinya melalui Musrenbang dan yang diutamakan adalah berbasis lokal, suatu missal di desa itu mempunyai potensi dengan bambu, maupun ada potensi makanan olahan, maka nanti akan kita dorong juga memberikan pelatihan.

Dengan melihat seperti ini maka nanti aka nada 90 kegiatan yang akan kita garap, yang sesuai basisi potensi lokal.Untuk peningkatan kwalitas ini yang kita garap pada mereka yang sudah mempunyai usaha, terus kita sentuh melalui pelatihan, sehingga mereka bisa meningkatkan kwalitas prodaknya yang di mulai dari bahan , pengelolahan , maupun pemasarannya.

Kalau nanti usahanya bisa berkembang nantinya akan bisa menyerap tenaga kerja, dan ini sebagai internatif, sebab sector formal sekarang ini kan sudah padat, tidak memberikan peluang yang luas kepada tenaga kerja. “ Maka sektor informal inilah yang akan membuka tenaga kerja, sehingga bisa menyerap tenaga kerja.”Katanya (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement