Launching Imunisasi Campak-Rubella Untuk Membangun Generasi Sehat Di Kota Mojokerto

MOJOKERTO - Wali Kota Mojokerto Mas’ud Yunus beserta Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kota Mojokerto Siti Amsah Mas’ud Yunus telah membuka acara launching imunisasi campak (measles)-rubella / imuniasasi MR. Imunisasi MR yang dilakukan serentak seluruh Indonesia ini, di Kota Mojokerto pembukaannya berlangsung di SDIT Permata Kota Mojokerto juga dihadiri Forkopimda, Kepala Dinas Kesehatan Ch Indah Wahyu, Kepala OPD, camat, lurah serta Fatayat, Muslimat dan Aisiyah.

Indonesia telah berkomitmen untuk mengendalikan campak dan rubella hingga tahun 2020 Indonesia bebas campak dan rubella. Ini dilakukan secara serentak karena penderita campak dan rubella masih ada di Indonesia. Atas dasar itulah diperlukan adanya kegiatan untuk dilakukan target Imunisasi campak-rubella. Yaitu pemberian imunisasi tambahan kepada sasaran usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun.

Imunisasi gratis ini berlangsung di sekolah PAUD, TK, SD/MI dan SMP/MTs. Juga bisa didapatkan di Puskesmas atau Posyandu pada bulan Agustus hingga September 2017. Adapun dampak dari penyakit campak (measles) adalah radang paru, radang otak, kebutaan, diare dan gizi buruk. Penyakit Rubella menyebabkan kelainan jantung, kelainan mata, tuli, keterlambatan perkembangan dan kerusakan jaringan otak.

Wali Kota Mas’ud Yunus saat sambutan pembukaan menuturkan bahwa sasaran imunisasi MR menurut data di Dinas Kesehatan Kota Mojokerto adalah 40.666 anak. “Adalah sebuah komitmen dari Pemkot Mojokerto untuk membangun generasi yang akan datang sebagai generasi yang maju sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral,” tuturnya.

Masalah kesehatan, menurut Wali Kota, adalah masalah dasar yang harus dimiliki oleh manusia dan itu merupakan hak setiap warga Negara dan hak setiap anak untuk mendapatkan kehidupan yang sehat. “Harapan kami kepada semua instansi yang terkait untuk ikut berperan serta mensukseskan imunisasi campak dan rubella ini,” seru Kiai Ud.

Usai sambutan, Kiai Ud melapas balon tanda dilaunchingnya imuniasi MR di Kota Mojokerto. Kiai Ud juga berkesempatan meninjau secara langsung kegiatan pemberian imuniasi MR ini. (Humas/ris)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement