DLH Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Penilaian Adipura Tahun 2023 dan Penguatan Adipura 2024


Probolinggo - Bertempat di Aula Bestari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Probolinggo digelar kegiatan rapat koordinasi persiapan penilaian Adipura 2023 serta penguatan Adipura 2024. Rapat yang dipimpin oleh Sekda drg. Ninik Ira Wibawati ini dihadiri oleh perwakilan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dilingkup Pemkot Probolinggo, Mitra Lingkungan dan Tokoh masyarakat, Senin (11/12/2023).

Adapun materi pembahasan dari kegiatan tersebut yakni terkait kondisi titik pantau Adipura diantaranya Kondisi pasar, TPA, Bank Sampah, Terminal, Rumah sakit dan sebagainya. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Probolinggo Retno Wandansari,S.Pt, M.P. dalam sambutannya menjelaskan kegiatan ini merupakan satu bentuk evaluasi pengelolaan sampah dan ruang terbuka hijau tahun 2022 dengan penilaian adipura tahun 2023  dalam mewujudkan kualitas lingkungan hidup yg teduh,sejuk dan nyaman dalam persiapan penilaian adipura dilakukan koordinasi strategi-strategi dalam pengelolaan lingkungan.


Sementara Sekda Ninik Ira Wibawati dalam sambutannya mengatakan perlu adanya kerjasama yang solid antar stakeholder dan masyarakat, sehingga akan tercipta satu kondisi lingkungan yang cukup baik "Pemkot tidak dapat bekerja sendiri, bersama mitra kita bekerjasama. Ayo kita optimalkan lagi, mumpung masih ada waktu."ujarnya. Hal yang dinilai wajar ketika Sekda mengajak adanya kerjasama yang cukup baik mengingat berkat kerjasama dan sinergitas tersebut, sehingga kota Probolinggo memperoleh penghargaan Adipura selama bertahun tahun.

Seperti diketahui Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil dalam pengelolaan lingkungan perkotaaan berdasarkan hasil evaluasi kinerja pemerintah daerah. Dijelaskan, Permen Lingkungan Hidup No.14 Tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanan Program Adipura menyebutkan bahwa kawasan yang masuk penilaian Adipura meliputi, Perumahan, Sarana perkotaan, Sarana transportasi, Peraiaran terbuka, Sarana kebersihan dan Pantai wisata.

Terkait adanya kegiatan rapat koordinasi tentang persiapan penilaian Adipura tahun 2023 dan Penguatan Adipura tahun 2024 ini, Kepala DLH kota Probolinggo Retno Wandansari S.Pt, M.P mengatakan sudah sewajarnya kalau kegiatan ini dilakukan mengingat Adipura lebih menitik beratkan pada pengelolaan lingkungan yang cukup baik. "Tentunya semua butuh kesiapan, termasuk mempertahankan pengelolaan lingkungan hidup yang cukup baik dan maksimal, sehingga target penilaian Adipura akan dicapai."pungkasnya. (Suh)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement