Jaga Stabilisasi Harga Pangan Jelang Ramadhan 1445 H, Bupati Trenggalek Gelar Gerakan Pangan Murah


Trenggalek.surabayawewsweek.com - Dalam rangka stabilitasi pasokan dan harga pangan tetap stabil  menjelang Bulan Ramadhan 1445 H, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek melalui Dinas Perdagangan dan Pertanian mengelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Desa Sukorejo Kecamatan Gandusari, Kabupaten Trenggalek bersamaan dengan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang), Rabu (6/3/2024).

Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin mengatakan, pihaknya berharap dengan adanya Gerakan Pangan Murah dapat membantu meringankan beban masyarakat. "Saya berharap dengan adanya gerakan pangan murah ini dapat membantu meringankan beban masyarakat terutama harga beras yang tadinya per kg mencapai 14-15 ribu, dengan program GPM ini kita bisa berikan kepada masyarakat untuk per 5 kg dengan harga Rp. 52 ribu,"katanya.

Diketahui, saat ini lonjakan harga pangan diseluruh Indonesia mulai naik terutama harga beras di pasaran. Maka dari itu, pemerintah Kabupaten Trenggalek mengadakan Gerakan Pangan Murah ini bertujuan untuk menstabilisasikan stok dan harga di pasaran.

Pangan yang disediakan yakni,  beras 5 kg dengan harga Rp. 52 ribu. Mas Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek berharap, mulai datangnya musim panen yang bersamaan dengan awal bulan puasa semoga tidak menyebabkan lonjakan yang berarti terhadap harga bahan pokok utamanya beras saat menjelang lebaran tiba.

“Jadi dengan adanya program ini bertujuan untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok yang strategis, baik di tingkat produsen maupun konsumen, dan meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat di Kabupaten Trenggalek,”ujarnya.

Sementara itu, dikatakan Ipin, untuk ketersediaan stok beras sendiri di Gudang Bulok masih aman. Salah satu warga yang berada di lokasi, Nurwati (52), warga Desa Sukorejo menyebut, program Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan ini sangat membantu, apalagi menjelang Ramadhan."Alhamdulillah, sangat membantu, apalagi dengan harga yang sangat murah dan saya rencana mau beli empat paket lagi," pungkasnya. (har)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement