Melalui BKD, Bupati Trenggalek Resmi Luncurkan Aplikasi SIPKA Dorong Kompetensi ASN


Trenggalek.surabayanewsweek.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek resmi meluncurkan Sistem Pengembangan Kompetensi Aparatur (SIPKA). Sebuah aplikasi berbasis teknologi untuk pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), Senin, (11/03/2024).

Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin mengatakan, program ini dirancang oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD), dengan diluncurkannya aplikasi digital ini di harap dapat memberikan gebrakan serta inovatif untuk pengembangan kompetensi ASN. “Langkah ini sejalan dengan amanah Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang ASN,” katanya. 

Mas Ipin sapaan akrab Bupati Trenggalek menambahkan, pihaknya mewajibkan setiap Aparatur Sipi Negara (ASN) di lingkup Pemkab Trenggalek melakukan pengembangan minimal 20 Jam Pelatihan (JP) per tahun. Dalam upaya meningkatkan kompetensi seluruh ASN di Trenggalek.

"SIPKA ini dirancang untuk memberikan kemudahan kepada semua ASN, mulai dari pimpinan perangkat daerah hingga staf di tingkat bawah, aplikasi ini memungkinkan setiap ASN untuk menyusun rencana pengembangan yang terarah, sesuai dengan kebutuhan masing-masing OPD, sehingga target pengembangan dapat tercapai secara efektif,”tambahnya. 

Dijelaskannya, launching aplikasi ini berlangsung di Hotel Platinum Surabaya pada Jumat 8 Maret 2024. Dia  juga mengungkapkan kegembiraannya karena aplikasi ini memungkinkan ASN untuk menjalani pembelajaran tanpa harus meninggalkan tempat tinggal mereka.

Dengan adanya SIPKA, pelatihan 20 jam yang dipersyaratkan dapat diakses melalui ponsel atau perangkat lainnya, sehingga, memudahkan setiap ASN untuk mengembangkan diri sesuai dengan kebutuhan OPD masing-masing. “Semoga dengan di Luncurkannya aplikasi SIPKA dapat dimanfaatkan dengan baik. Dan hasilnya, kompetensi, para ASN kita dapat meningkat,”pungkasnya. (har)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement