Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

SMAN 1 Kota Mojokerto Sukses Ciptakan Sekolah Berlingkungan Pendidikan

MOJOKERTO - Kerja keras seluruh elemen SMAN 1 Kota mojokerto akhirnya telah dapat mewujudkan sekolah berprestasi dan sekolah berlingankungan pendidikan. Berbagai prestasi ditingkat propinsi dan tingkat nasional telah dicapai oleh SMAN 1 Kota Mojokerto sepanjang Tahun 2014 sampai dengan 2016.” Alhamdulillah, melalui kerja keras dan kinerja yang profesional dari seluruh elemen sekolah, kami berhasil meraih prestasi disegala bidang,” kata H Hariyono Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Mojokerto.

Menurut Suhariyono, menciptakan sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin di SMAN 1 ,sangatlah penting agar siswa dapat mencapai prestasi yang terbaik dan guru dapat menampilkan kinerja yang terbaik. Dengan sekolah yang aman, nyaman dan disiplin adalah sekolah yang warga sekolahnya bebas dari rasa takut, kondusif untuk belajar dan hubungan antar warga sekolahnya positif. Disamping itu, sekolah yang aman, nyaman, dan disiplin menyediakan lingkungan fisik (gedung, kelas, halaman) sekolah yang bersih dan aman.

Selain aspek keamanan fisik, kenyamanan atau disebut iklim sekolah, yaitu menyangkut atmosfir, perasaan, lingkungan keseluruhan secara sosial dan emosional sekolah juga harus diciptakan secara positif. Keamanan, kenyamanan dan kedisiplinan suatu sekolah ditentukan oleh nilai-nilai dan sikap warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, siswa, orang tua, komite sekolah. 

Sekolah yang aman, nyaman dan disiplin akan tercapai bila semua warga sekolah.” Kami selalu bekerja berkesinambun untuk mengembangkan budaya sekolah yang positif dan fokusnya adalah pada pencegahan, membangun komunitas sekolah dengan cara saling menghargai, adil, menerapkan azas persamaan dan inklusi, mengajar, memberi contoh dan mendorong prilaku sosial yang bertanggung jawab yang memberi kontribusi terhadap komunitas sekolah.

Merespon secara konsisten dan adil terhadap berbagai insiden dan menggunakan intervensi untuk memperbaiki kerusakan fisik maupun psikis dan memperkuat memberikan pengakuan dan penghargaan terhadap prestasi sekolah yang pencapaian sekolah yang aman, damai dan teratur sambil menyebutkan hal-hal yang masih perlu untuk ditingkatkan.

Suhariyono juga menyampaikan, dalam  mewujudkan sekolah yang aman perlu dilakukan beberapa langkah. Diantaranya,  sekolah harus membentuk komite yang terdiri dari berbagai stakeholders, yaitu masyarakat sekitar sekolah, orang tua, guru, kepala sekolah komite sekolah dan siswa. 

Dengan melibatkan semua fihak diharapkan komite dapat memperjatam pemahaman dan kesepakatan tentang apa yang perlu dilakukan. Untuk meningkatkan keamanan sekolah, upaya harus difokuskan pada bangunan fisik sekolah, tata letak dan kebijakan dan prosedur yang ada untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari dan menyelesaikan masalah yang mungkin timbul.

Bangunan sekolah, kelas, ruang lab, kantor, perpustakaan, lapangan olah raga dan halaman sekolah harus direview. Selain itu, berbagai kebijakan dan prosedur juga akses masuk sekolah harus dinilai kembali. Penggunaan teknologi untuk mencegah orang masuk penyusup masuk dari luar seperti alarm, pagar, teralis harus dipertimbangkan. 

Pencegahan ini harus distandarkan oleh sekolah dan standar-standar lain untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan harus dibuat seperti membawa benda-benda tajam atau benda-benda lain yang berbahaya. Jalur komunikasi dan prosedur yang harus diikuti bila terjadi kejadian pencurian atau pelanggaran lainnya harus dibuat.

” Di Tahun 2017 yang akan datang, kami tetap mempertahankan prestasi yang sudah diraih, dan akan lebih meningkatkan mutu pendidikan di proses pembelajaran di SMAN 1 Kota Mojokerto,” jelas Suhariyono. (ris)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda