Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Atasi Melambungnya Harga, Dinas Pertanian Bakal Bagikan Bibit Cabai

KUALA KAPUAS - Terkait tingginya harga cabai yang terjadi dimana-mana salah satunya di Kabupaten Kapuas, maka dalam waktu dekat Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas melalui Bidang Produksi Hortikultura akan membagikan bibit-bibit cabai ke rumah-rumah tangga atau ke masyarakat.

Cara ini dilakukan agar masyarakat yang diberi bibit cabai tidak akan terpengaruh dengan harga cabai di pasaran. Sementara tingginya harga cabai ditengarai adanya permainan di tingkat tengkulak daerah masing-masing.

Kabid  Produksi Hortikuktura Dinas Pertanian Kabupaten Kapuas, Ringkesit yang dihubunggi melalui sambungan teleponnya, Minggu (22/1) mengatakan untuk pembagian bibit tanaman cabai gratis diperuntukkan bagi rumah tangga. Dalam satu keluarga diberi sekitar 5 bibit. Bibit ini nantinya akan mereka tanam di halaman atau belakang rumah.

Bibit yang dimaksud ujar Ringkesit bukanlah berupa biji. Namun sudah berupa tanaman cabai di dalam polybag. Masyarakat yang menerima bibit cabai pun nantinya akan diajarkan cara menanamnya, agar awet dan produktif.

"Langkah bantuan dari dinas pertanian kali ini tidak hanya berupa bantuan bibit biji ke petani, namun juga bantuan bibit tanaman cabai  ke masyarakat rumah tangga. Pola seperti ini dilakukan atas petunjuk dari pemerintah pusat. Dengan harapan nanti setiap masyarakat rumah tangga memiliki tanaman cabai sendiri, sehingga keperluan cabai tidak lagi tergantung ke pasar. Pola ini juga dilakukan untuk mengendalikan harga cabai di pasar," ungkap Ringkesit.

Adapun pembagian bibit tanaman cabai ke masyarakat sebutnya, akan dilakukan segera. "Sehingga nanti masyarakat tidak tergantung lagi sama cabai di pasar. Ya untuk kebutuhan pasar tetap aja banyak yakni misal untuk rumah makan maupun pabrik makanan," tuturnya.

Ditanya, kecamatan-kecamatan mana saja yang selami ini menjadi sentral produksi cabai di Kabupaten Kapuas, Ringkesit menyebutkan yakni di Kecamatan Dadahup, Tamban Catur, Kapuas Murung, Mantangai, Basarang dan Kecamatan Kapuas Timur. (nata)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda