Kecamatan Jrengik Menggelar Musrenbangcam Tahun 2017

SAMPANG - Menginjak pada tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Sampang melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) dengan agenda musyawarah rencana pembangunan kecamatan (Musrenbangcam) di tingkat Kecamatan.Hal ini sebagai impelemintasi UU No 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional.

Musrenbangcam yang di gelar di pendopo kecamatan jrengik untuk membahas dan menyepakati hasil MusrenbangDes yang akan menjadi prioritas di wilayah kecamatan jrengik.

Hadir dalam acara Musrenbangcam ini,Wakil Bupati Sampang Fadhillah Budiono,Kapolsek Jrengik Iptu Widodo,Danramil jrengik Inf.Alif Surono dan anggota DPRD dapil Jrengik juga semua Kepala Desa di wilayah Kecamatan Jrengik,Selasa (14/02/2017).

Tujuan dari Musrenbangcam tersebut untuk membahas dan menyepakati hasil musyawarah di tingkat Desa yang akan menjadi kegiatan prioritas pembangunan.Dan juga melakukan klarifikasi kegiatan prioritas pembangunan di tingkat kecamatan sesuai dengan fungsi SKPD di tingkat Kabupaten,ujar sekretaris kecamatan (Sekcam) Mohammad Fadillah.

Dalam pidatonya Camat Jrengik Sutrisno menyampaikan,sedikit ulasan dan gambaran umum jumlah penduduk di wilayah kecamatan jrengik 34.766 jiwa. Dari jumlah penduduk tersebut yang tergolong rumah tangga miskin (RTM) 5.466 jiwa (59,38 persen). Pada tahun 2016 untuk pelaksanaan program kegiatan pembangunan dan pemberdayaan difokuskan pada program ADD dan DD.

Adapun dana yang masuk untuk wilayah kecamatan jrengik ADD tahun 2016 sebesar 5.718.069.000 dan DD Rp 9.521.636.000.Sementara pada tahun 2017 ADD Rp 7.458.786.017 dan DD Rp 12.167.377.321 dan jika melihat dana tersebut ada kenaikan yang cukup besar dan membanggakan, akan tetapi disisi lain bahwa sumber daya manusia (SDM) pemerintah desa belum memadai untuk mengelola dana tersebut walaupun pendampingan sudah ada. Dana Desa dialokasikan ke 4 bidang kegiatan diantaranya, oprasional desa,pembangunan masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pembinaan kemasyarakatan, ujarnya.

Ditempat yang sama Wakil Bupati Sampang Fadhillah Budiono, meminta ke semua kepala desa yang hadir dalam acara ini,hati hati dalam melaksanakan dan pengelolaan program ADD dan DD karena program ini harus tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu,program ini merupakan program pemerintah yang harus dikerjakan secara benar agar tidak ada masalah dikemudian hari,katanya dengan singkat. (din)

Posting Komentar

0 Komentar