7 Kursi Jabatan Kepala Dinas di Jombang ‘Dibandrol’ ?

JOMBANG - Kekosongan 7 Kepala Dinas di Kabupaten Jombang, menghembuskan isu tak sedap di kalangan internal pejabat lingkup Pemkab Jombang. Bagaimana tidak, kekosongan posisi 7 kepala dinas di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), disebut-sebut dibandrol dengan harga fantastis.

Salah satu sumber terpercaya mengatakan, bahwa saat ini kekosongan 7 posisi Kepala Dinas di Jombang, disebabkan belum ada kecocokan harga antara oknum calo jabatan yang dianggap berpengaruh di Jombang, dengan pejabat yang ditawarinya.“Saat ini sudah ada transaksi soal kursi yang kosong itu,” terang salah satu narasumber saat ditemui beberapa waktu lalu.

Namun, lanjut dia, dalam transaksi tersebut beberapa pejabat yang berminat untuk duduk sebagai Kepala Dinas masih terganjal dengan beberapa persyaratan, seperti belum asesmennya penjabat yang berminat tersebut.“Tetapi mereka sudah bisa meminta kepada calo yang juga menjabat sebagai Kades (Kepala Desa) tersebut, dimana tempat yang diminta. Asalkan harga sesuai,” ujar sumber internal Pemkab ini.

Adanya isu jual beli jabatan ini, juga diperkuat dengan belum terbentuknya tim Panitia Seleksi (Pansel) pengisian 7 Kepala Dinas yang kosong. Hal ini seperti diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Jombang, Muntholip. Dalam penuturannya, dirinya membenarkan soal belum terbentuknya tim Pansel. “Memang saat ini tim tersebut belum terbentuk,” ujarnya, Selasa (15/3/2017).

Dalam tim Pansel tersebut, lanjut Muntholip, akan melibatkan 5 unsur yang didalamnya juga melibatkan pejabat Pemkab. “Dua dari tim tersebut adalah Kepala BKD dan Sekretaris Daerah (Sekda). Sementara 3 lainnya, dari unsur Perguruan Tinggi dan juga LSM. Nah, setelah tim ini terbentuk, tinggal menunggu SK dari Bupati. Setelah itu selesai, tinggal kita serahkan ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (KemenPAN-RB RI),” jelas Muntholip.

Saat ditanya soal jual beli jabatan melalui telephon selulernya, pihaknya enggan menjelaskan soal kabar tersebut. Sekedar diketahui, beberapa kekosongan Kepala Dinas di Kabupaten Jombang, diantaranya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Perikanan. Sementara 3 lainnya ialah Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Dinas Kesehatan. (kj/ko)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement