Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

3700 Peserta Meriahkan Pawai Budaya, Bupati Kapuas : “Kita Ekspos Sampai Tingkat Internasional”

KUALA KAPUAS – Masih dalam merayakan kemeriahan Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 211 dan Hari Ulang Tahun Pemkab Kapuas ke 66, Dewan Kesenian Daerah Kabupaten Kapuas bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disporabudpar) serta bermitra dengan DPD KNPI Kapuas melaksanakan Pawai Budaya, Jumat (7/4) kemarin. Pawai tersebut dilepas secara langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat SH, bertempat di depan Rumah Jabatan Bupati Kapuas. 

Nampak hadir, Wakil Bupati Kapuas Ir H Muhajirin MP, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan, Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas, Perwakilan dari Ketua Pengadilan Negeri Kapuas, Kepala OPD Lingkup Pemkab Kapuas, para Ketua Organisasi Wanita di Kabupaten Kapuas, Ketua Dewan Kesenian Daerah Kapuas Darwandi beserta jajaran, Ketua DPD KNPI Kapuas Bob Dwi Cipta Maha Putera beserta jajaran, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pers.

Adapun jumlah peserta Pawai Budaya terdiri dari peserta dengan 50 Kelompok dengan secara keseluruhan jumlah peserta mencapai 3.700 orang. Diikuti oleh kelompok Organisasi Perangkat Daerah, Unit Kecamatan/Desa/Kelurahan, kelompok sanggar budaya, paguyuban, komunitas seniman Kabupaten Kapuas, kelompok pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Kapuas. Rute Pawai Budaya Start dari depan Rujab Bupati Kapuas – Jalan R Suprapto – Jalan Ahmad Yani – Jalan Tambun Bungai – Finish di Stadion Panunjung Tarung Kuala Kapuas. 

Menurut laporan Darwandi selaku Ketua DAD Kapuas, tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut adalah sebagai saranan ekspose dan eksplorasi terhadap keberagaman budaya nasional dengan memperkenalkan lebih dekat kearifan, keindahan dan keunikan budaya lokal di Kabupaten Kapuas. Menjadi sarana edukasi bagi generasi muda dan menjadikan tameng dalam membentengi masuknya pengaruh budaya luar dan imprialisme lain yang rentan merusak generasi muda.

Bupati Kapuas dalam sambutannya, atas nama pribadi dan pemerintah daerah menyampaikan rasa bangga dan terima kasih kepada DAD Kabupaten Kapuas yang telah melaksanakan kegiatan Pawai Budaya tersebut. “Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta atas partisipasinya sehingga acara pawai sore ini sangat meriah dengan harapan ke depan agar Pawai Budaya seperti ini kita ekspose sampai ke tingkat internasional,” kata Ben Brahim. 

Untuk itu, ia menghimbau agar kegiatan terkait dapat diagendakan setiap tahunnya dengan harapan bagaimana dapat mendatangkan para turis dari luar. “Tinggal kreatifitas Dewan Kesenian bagaimana caranya menampilkan semua ini sehingga menarik,” ucapnya. 

Kemudian, Ben mengatakan yang terpenting agar semua pihak dapat menjaga persatuan dan kesatuan serta menjalin tali silahturahmi satu sama lain karena semua bersaudara. “Mari kita bangun Kabupaten Kapuas yang kita cintai ini bersama-sama,” pungkasnya.  (NATA)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda