40 Pejabat PNS Dilantik Untuk Bekerja Kreatif

KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi Wakil Bupati Kapuas Ir Muhajirin MP melakukan Pengambilan Sumpah/Janji Jabatan dan Melantik Pejabat Struktural serta Pengukuhan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Penilik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas, Rabu (5/4) kemarin.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Kapuas tersebut dihadiri oleh Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH, Asisten, Staf Ahli Bupati, Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOP) Lingkup Pemkab Kapuas dan para undangan.  Kegiatan pelantikan itu bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan organisasi, pengembangan karir, dan sebagian mengisi jabatan lowong yang telah mempertimbangkan syarat-syarat jabatan serta Pasal 35 Ayat 1 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2017.

Adapun Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kapuas yang dilantik sebanyak 40 orang yang terdiri dari Pejabat Struktural yaitu Administrator (Eselon IIIb)  1 orang, Pengawas (Eselon IVa) 7 orang, Pengawas (Eselon IVb) 5 orang.  Kemudian, Kepala Sekolah yaitu SMP sebanyak 12 orang, SD sebanyak 8 orang dan TK sebanyak 1 orang. Untuk Pejabat Fungsional yaitu Pengawas Sekolah sebanyak 5 orang dan Penilik sebanyak 1 orang. 

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada pejabat yang telah dilantik seraya meminta agar bekerja dengan jujur, bekerja keras dan bekerja tulus. Namun yang terpenting, lanjut dia, bagaimana mengemban tugas dan melaksanakan tugas pokok dan fungsi masing-masing dengan penuh tanggung jawab.

Kepada Kepala UPTD Pendididkan Ben berharap agar rajin untuk berkeliling melakukan pengecekan bersama-sama dengan pengawas di Kecamatan yang ditugaskan untuk mengetahui kondisi atau situasi sekolah yang ada di wilayangnya. “Baik kondisi gedung, kondisi guru, buku-buku, bangku, kursi dan sebagainya termasuk kerapian serta kebersihan sekolah di wilayahnya. Ketahui permasalahan tersebut secara detail sehingga bisa dapat diatasi dan segera melaporkannya kepada Kepala Dinas terkait,” katanya.

Bagi para pengawas/penilik ia meminta agar melaksanakan tugas dengan baik dan tanpa pandang bulu apabila ada yang berbuat tidak baik harus ditindak dan dilaporkan, namun sebaliknya apabila ada guru yang bekerja dengan baik, harus menjadi catatan untuk diberikan penghargaan ke depannya. 

Begitupun dengan Kepala Sekolah, ia meminta pula agar dapat membawa sekolahnya ke arah yang lebih baik dan harus mempunyai tanggung jawab untuk bekerja kreatif. “Bagaimana caranya guru yang mengajar di pedalaman mempunyai kemampuan dan motivasi yang tidak kalah dengan guru yang mengajar di perkotaan,” terangnya.

Untuk itu, ia menekankan agar guru/kepala sekolah untuk mempunyai target bahwa anak didik mampu bersaing dengan para murid yang belajar di daerah perkotaan. Diakhir sambutannya ia berharap kepada seluruh pejabar yang dilantik untuk melaksanakan tugas dengan baik dan tulus serta yakin bahwa amal baik dari para guru akan mendapatkan pahala dari yang Maha Kuasa. “Saya harapkan sekali lagi bahwa butuh kecerdasan anak-anak Ibu dan Bapak pimpin yang tidak kalah dengan kualitas anak didik yang bersekolah di kota-kota besar,” tekan Ben Brahim. 

Sebelumnya, menurut laporan Sekertaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova SH,  selain pengangkatan dalam jabatan atau tugas tambahan juga terdapat Pejabat Struktural dan Pejabat Fungsional tertentu yang diberhentikan dari jabatannya sebanyak 2 orang karena sebab khusus dan akan dilakukan pembinaan oleh Kepala SKPD yang membawahi.

Selain itu, lanjut dia, untuk Kepala Sekolah yang diberhentikan dari tugas tambahan dan kembali ke dalam jabatan fungsional guru sebanyak 4 orang.  Kemudian telah telah ditugaskan juga jabatan fungsional guru menjadi pelaksana tugas Kepala Sekolah sebanyak 19 orang. “Berdasarkan Surat Kepala Badan Kepegawaian Negara Nomor: K.26-30/V.20-3/99 Tanggal 5 Februari 2016 perihal kewenangan pelaksana harian dan pelaksana tugas dalam aspek kepegawaian bahwa pelaksana tugas tidak perlu dilantik dan diambil sumpah,” jelasnya. (BY)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement