Gerakan Pramuka Gelar Rakercab 2017

Drs HA Timbul PrihanjokoKetua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo saat memberikan sambutan.
PROBOLINGGO - Untuk mengevaluasi kegiatan sekaligus pelaksanaan program kerja, Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo melaksanakan Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2017, Kamis (30/3/2017). Kegiatan yang digelar di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura ini mengambil tema “Kembali ke Gugus Depan”.

Rakercab ini dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Probolinggo yang juga Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi Wakil Ketua Kak Sujono dan Sekretaris Kak Didik Slamet Wahyudi. Rakercab ini diikuti oleh peserta dari utusan Kwartir Ranting (Kwarran) dari tiap-tiap kecamatan diwakili oleh unsur Ketua, Sekretaris dan Dewan Kerja Kwarran se-Kabupaten Probolinggo.

Penempatan Rakercab ini digelar setiap tahun secara bergilir. Tahun ini di wilayah barat di Hotel Nadia Kecamatan Sukapura. Sementara tahun 2016 ditempatkan di wilayah timur di Aula PJB Kecamatan Paiton.

Kak Sujono menyampaikan bahwa kegiatan ini dimaksudkan sebagai proses pengendalian menagemen dan operasional program kerja untuk mencapai Renja 2014-2019 yang tujuannya untuk mensosialisasi program kerja Kwarcab tahun 2017 dan.

“Sekaligus menyusun rencana kegiatan Gerakan Pramuka Kabupaten Probolinggo tahun 2017. Serta, mensinergikan kegiatan di tingkat cabang, daerah dan nasional. Disamping masukan untuk program kerja Kwartir Ranting se-Kabupaten Probolinggo,” katanya.

Sementara Kak Timbul Prihanjoko menjelaskan bahwa Rakercab ini merupakan sebuah langkah awal dari segala kegiatan Pramuka, sehingga Kwarcab telah banyak mengeluarkan hasil kinerjanya dengan baik. Yakni, menciptakan gerakan pramuka lebih berpotensi, baik di cabang maupun di ranting.

“Program kerja ini merupakan keinginan gerakan pramuka untuk menunjang pembangunan Pemerintah Daerah, mengembalikan sebenarnya kepramukaan yang seperti terdahulu melalui pramuka mengabdi dengan rasa kebersamaan, gotong royong dan kekeluargaan,” katanya.

Tentunya gerakan pramuka jelas Kak Timbul lebih digalakkan membantu yang ada di desa-desa dan disenangi oleh masyarakat. Pendekatan semacam itu akan lebih bermanfaat.

“Sehingga dengan rasa kecintaannya masyarakat terhadap kepramukaan tidak diragukan lagi, rasa jiwa menolong yang tumbuh dan diterima oleh masyarakat. Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Probolinggo tetap tekat, berjuang dan selalu mempertahankan NKRI sebagai wujud jiwa patriotisme,” pungkasnya.

Dalam Rakercab tahun 2017, selain mengevaluasi sekaligus membahas untuk pelaksanaan program kerja Gerakan Pramuka Kwarcab diawali dengan penyerahan hasil verifikasi pelaksanaan tahun 2017 oleh Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) oleh Kak Sri Nafikah kepada Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Timbul Prihanjoko. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar