Sekda Resmikan Pembukaan Asessment 2017 Pemkab Bondowoso

BONDOWOSO – Dalam rangka implementasi Undang-undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), sebanyak 100 peserta mengikuti asessment mereka terdiri dari pejabat Eselon III dan IV secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bondowoso Drs. H. Hidayat MSi. Rabu (12/04/2017).

Hadir dalam pembukaan asessment tersebut Kepala BKD Wawan Setiawan SH, MH, Sekretaris Drs. Juni Sukarno MM, Kabid Mutasi dan Kepangkatan Alun Taufan Sulistiadi, S.Sos.Dalam laporannya, Kepala BKD menyampaikan, bahwa asessment merupakan salah satu dari amanat UU ASN yang merekomendasikan perubahan mendasar pada manajemen ASN.

Pendekatan merit sistem menghendaki kesesuaian antara kompetensi dengan jabatan dan kinerja ASN, sehingga asessment menjadi hal yang sangat penting sebagai proses yang akan menghasilkan peta kompetensi ASN, urainya.

Selain itu juga disampaikan bahwa asessment akan dilaksanakan dua gelombang yakni 12-13 April dan 26-27 April mendatang yang diikuti oleh masing-masin 50 peserta. Asessment dengan mendatangkan asesor berpengalaman dari BKD Provinsi Jawa Timur, sehingga harapan akan menghasilkan ouput yang obyektif dan akuntabel.

Saya berharap kerjasama ini masih akan berlanjut karena kita masih menyisakan banyak pejabat yang belum terjaring asessment untuk dilaksanakan pada masa yang akan datang, harapnya.Perwakilan asessment dari BKD Provinsi Jawa Timur menyampaikan, bahwa asessment dirancang untuk menghasilkan potret obyektif tentang profil pegawai.Kedepan bukan hanya pejabat yang menjadi sasaran asessment namun juga pejabat fungsional dan pelaksana administrasi, jelasnya.

Untuk diketahui Pemerintah Provinsi Jawa Timur, berhasi membagi katagori ASN menjadi 4 katagori kesesuaian antara kompetensi, kualifikasi pegawai dan kinerjanya. Sekda Bondowoso Drs. H. Hidayat MSi mengajak kepada semua peserta agar mengikuti kegiatan dengan serius sebab hasil dari asessment akan dipergunakan sebagai bahan untuk pengambilan kebijakan kepegawaian. Sebelum membuka resmi membuka kegiatan, Sekda mendorong jajaran birokrasi untuk menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan kerja dan saling memberi contoh dengan kinerja serta perilaku yang baik.

Jadilah pegawai yang layak dijual, jadilah pejabat yang kreatif dan inovatif, bekerja dengan sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat, jelas Hidayat. Sebanyak 50 langsung mengukuti sesi psykotes dengan piranti yang sudah disediakan oleh assesor. Sedang materi lainya adalah diskusi kelompok dan wawancara yang akan berlangsung sampai besok dan difasilitasi langsung oleh Tim assesor dari BKD Jawa Timur. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar