Wakil Bupati Resmikan RPP di KPUD Bondowoso

BONDOWOSO – Upaya KPU Bondowoso guna meningkatkan pemilih cerdas dalam setiap pesta demokrasi maka didirikan Rumah Pintar Pemilu (RPP). Sebelumnaya Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bondowoso melaksanakan peresmian Rumah Pintar Pemilu Singo Ulung, Selasa 25/14/2017.

Dalam sambutannya Ketua KPUD Bondowoso Khairul Anam menjelaskan kenapa rumah pintar milik warga Bondowoso itu diberi nama Singo Ulung yang merupakan aset budaya masyarakat Bondowoso.

Rumah pintar pemilu berada di dalam kantor KPU, menjadi keunggulan tersendiri, kalau di KPU lain belum tentu singga di rumah pintar dulu. Sengaja di namai Singo Ulung, secara filosofi Singo Ulung ada dua laki dan perempuan. Mengambarkan pemili akan memili pemimpin laki-laki apa perempuan, taring empat menunjukkan 4 mata ujung paku alat coblos, bulu putih berarti kenetralan KPU, bagi pemili cerdas berarti bersih dari politik uang, jelasnya.

Ketua KPU Khairul Anam berharap dapat mentransformasikan dan menjalankan filosofi itu dan mampu mengawal penyelenggaraan pemilu.RPP tersebut diresmikan langsung oleh Wakil Bupati Bondowoso Drs. KH. Salwa Arifin yang ditandai dengan pemotongan pita. 

Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan, kostum yang dipakai para komisionir KPU menandakan keberanian yang tak takut selain kepada kebenaran. Memakai pakaian sakera berarti pemberani. Tidak bisa diintervensi oleh siapapun, ujarnya.

Sementara Ketua KPU Provinsi yang diwakili oleh Gogot Cahyo Baskoro menyampaikan, bahwa tujuan KPU salah satunya adalah meningkatkan kesukarelaan kepada masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya, jadi alasan untuk memilih rasional dan gak karena ada unsur apapun.

Saya berpesan jangan sampai peresmian rumah pintar pemilu hanya berakhir sampai di sini. Selama KPU masih ada, RPP harus ada dan bertahan. Harus melakukan perkembangan, berkreasi dan berinovasi, jangan terkungkung masalah anggaran juga, sosialisasikan kepada seluruh elemen masyarakat. Keberhasilan RPP ini akan diketahui ketika pemili hadir di TPS, pungkasnya. (Tok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement