Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun Gandeng MRT dan LRT

MADIUN - Peluang untuk menjadi Taruna dan Taruni di Akademi Perkeretaapian Indonesia (API) yang terpusat di Kota Madiun kembali dibuka bagi anak anak lulusan SMK dan SMA (IPA). Untuk tahun ini Akademi Perkeretaapian Indonesia di Madiun yang merupakan lembaga pendidikan dibawah naungan Kementerian Perhubungan ini akan menerima siswa baru sejumlah 96 orang. API Madiun membuka 4 jurusan yakni, Tehnik Bangunan dan Jalur Perkeretaapian,  Tehnik Mekanika Perkeretaapian , Tehnik Elektro Perkeretaapian dan Manajemen Transportasi Perkeretaapian. Saat ini pendaftaran Taruna Baru telah dibuka dan akan berakhir pada 19 Mei 2017, dengan mekanisme pendaftaran sistem Online. 

Namun demikian API Madiun juga melayani pendaftaran secara langsung di Kampus API Madiun. API Madiun akan melakukan sejumlah Tes terhadap calon Taruna dan Taruni, diantaranya Tes Potensi Akademik, Tes Kesehatan , Tes Kesamaptaan , Tes Wawancara dan terakhir Pantukir. Tes tersebut akan dilaksanakan pada 5 sampai 9 Juni 2017. Tahun ini pula Akademi Perkeretaapian Indonesia di Madiun ini akan meluluskan angkatan pertama Taruna Taruni sejumlah   119 siswa.  Sedangkan masa pendidikan siswa di API Madiun adalah selama 3 Tahun.

Sementara itu selain menyiapkan calon calon tenaga kerja yang dibutuhkan INKA,saat ini Akademi Perkeretaapian Indonesia Madiun telah bekerjasama dengan BUMN dan Swasta seperti MRT dan LRT dalam rangka menyalurkan lulusannya untuk bekerja.   “ Satu contoh untuk lulusan Tahun ini sejumlah 64 siswa telah lolos Tes dan akan direkrut oleh MRT yang saat ini tengah membangun jaringan kereta api di Jakarta,  “ Kata Sekretaris Direktur API Madiun Ary Putra yang mewakili Direktur API Madiun Dedy Cahyadi MT saat ditemui wartawan News week di Kampus API Madiun pekan kemarin. Sebelumnya pihak MRT telah datang ke kampus API Madiun untuk melihat fasilitas sekolah dan melihat kurikulum yang diberikan kepada Taruna dan ternyata Match dengan kebutuhan yang diperlukan oleh pihak MRT. Tentunya hal ini akan berlanjut di Tahun tahun mendatang.

Perlu diketahui bahwa kesempatan untuk bisa menjadi Taruna Taruni Akademi Perkeretaapian Indonesia di Madiun ini mencakup anak anak lulusan SMA ( IPA ) dan SMK yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia. “ Jadi tidak ada prioritas anak ini dari kota mana dan anak siapa,tapi semua memiliki kesempatan dan hak yang sama untuk bisa menjadi Taruna di API Madiun,” Tegas Sekretaris Direktur API Madiun Ary Putra. Hal ini menjawab pertanyaan wartawan News week berkaitan dengan peluang bagi anak anak lulusan SMA dan SMK yang berasal dari Kota Madiun. ( Jhon )

Posting Komentar

0 Komentar