Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Tim Rukyatul Hilal Kemenag Bangkalan Gagal Melihat Hilal

BANGKALAN - Tim Rukyatul Hilal Kementerian Agama Bangkalan gagal melihat hilal di Pantai Gebang Desa Gebang Kecamatan Bangkalan Kabupaten Bangkalan, Jumat (26/5) sore.

Tim Rukyatul Hilal yang mengambil lokasi di Pantai Gebang Desa Gebang tersebut, di koordinatori Kementerian Agama Kabupaten Bangkalan. Melalui Kasi Bidang Syariah, Sulaiman S.Ag, M.Pd.

Tim Rukyatul Hilal terdiri dari berbagai unsur diantaranya Tim  Rukyat Depag Bangkalan, Ormas Islam serta perwakilan pondok pesantren. 

Hilal di Pantai Gebang tak dapat di lihat disebabkan cuaca mendung, namun terdapat tiga tahapan penting dalam menentukan Awal bulan puasa di Kementerian Agama. Yakni metode hisab, metode rukyatul hilal serta sidang Isbat Menteri Agama RI di Jakarta.

" Untuk metode hisap hampir semua sistem hisab menyatakan bahwa hilal berada di atas ufuk dan hilal sudah dapat di lihat".terang Sulaiman. 

Di informasikan, bahwa di Lokasi Condro Dipuro, Kabupaten Gresik, Tanjung Kodok, Kabupaten Lamongan, bahkan di ambon, Tim Rukyatul Hilal telah berhasil melihat hilal.

Oleh sebab itu, dari pantauan tim rukyatul Hilal di Pantai Gebang ini, kata sulaiman, akan dilanjutkan ke Menteri Agama untuk dijadikan sebagai salah satu materi sidang Isbat.

Pelaksanaan rukyatul Hilal di Pantai Gebang menjadi perhatian luas masyarakat. Selain tim rukyat dari kemenag Bangkalan, Tim Rukyat PCNU Bangkalan, juga di ikuti Tim Rukyat Pondok Pesantren Al Fitrah, Kedinding, Surabaya.

Lokasi ini dijadikan titik strategis untuk kegiatan rukyatul Hilal, sebab menjadi salah satu dari sembilan tempat yang telah direkomendasikan pemerintah. Tapi hingga pukul 18.00 Wib, ketentuan batas waktu melihal hilal yang menjadi kesepakatan bersama tidak satupun peserta Rukyatul Hilal berhasil melihat hilal. Dengan demikian Tim Rukyatul Hilal menyimpulkan bahwa di wilayah Pantai Gebang tidak terlihat hilal. (Yit)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda