Peringati Harganas, Pakde Karwo Ajak Tingkatkan Kualitas Penduduk

PONOROGO – Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV Tahun 2017  yang bertempat di alon –alon kabupaten Ponorogo kamis 27 Juli, dimaknai sebagai upaya meningkatkan kualitas penduduk melalui beragam cara.Diantaranya melalui pengembangan poli kesehatan desa, polindes dan pondok kesehatan desa atau ponkesdes. Selain berfungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, adalah mempersiapkan fasilitas kesehatan, dan juga meningkatkan kualitas penduduk, khusunya di bidang kesehatan.

Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo atau Pakde Karwo menyampaikan bahwa  kualitas penduduk bisa meningkat apabila memiliki daya saing,dengan berbagai upaya yang  dilakukan agar SDM  ini bisa berdaya saing dan memiliki daya beli, diantaranya meningkatkan kualitas pendidikan, kesehatan dan KB.Langkah tersebut juga sebagai antisipasi kondisi bonus demografi di Jatim, yang ditandai melimpahnya penduduk usia produktif.

Dengan demikian, remaja tersebut harus dibekali ilmu yang berkualitas. Jangan sampai terpengaruh seks bebas, napza, dan kehamilan luar nikah, karena bisa membahayakan masa depan para remaja.Oleh sebab itu ia mengapresiasi Kanwil BKKBN Jatim yang selama ini menggarap program pmbangunan kualitas SDM, seperti program genre, pembentukan pusat informasi dan konseling serta kelompok mahasiswa peduli kependudukan.dan diharapkan memberikan pengaruh positif bagi remaja disekitarnyat tandasnya.Faktor lain dalam meningkatkan kualitas SDM, adalah kondisi keluarga. 

Pendidikan dasar diperoleh dari keluarga sehingga tercipta kesehatan lahir dan batin.Upaya-upaya dalam meningkatkan kualitas penduduk, tutur Pakde Karwo, juga ditentukan oleh keikutsertaan berbagai pihak seperti TNI, POLRI, TP-PKK, swasta dan lembaga lainnya. Oleh sebab itu, Pemprov Jatim mendukung program kemasyarakatan yang menyentuh langsung kepentingan masyarakat seperti baksos, pelayanan kesehatan dan KB, serta pemberian santunan kepada keluarga pra sejahtera.

Pada kesempatan  acara harganas ini, Pakde Karwo juga memberikan penghargaan kepada pemenang lomba Program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2017.Penghargaan tersebut diantaranya diserahkan kepada Juara I Lomba Pasangan Peserta KB Lestari Teladan Kategori 10 Tahun 2017 yaitu Hendi R dan Eka Hesty, Juara I Lomba Kelompok Bina Keluarga Lansia Tahun 2017 yaitu Kab. Ponorogo, dan Juara I Lomba Kelompok PIK-R Jalur Masyarakat Tahun 2017 diterima oleh Kelompok PIK-R Taruna Harapan Kab Ponorogo.

Selain itu, dalam kesempatan ini juga dilakukan deklarasi berencana Indonesia oleh 16 orang juara Duta Genre 2017. Deklarasi berisi tentang anjuran untuk tidak menikah di usia muda, menghindari sex pra nikah, pengggunaan nafsa. 

Dan juga turut serta dalam membantu program pemerintah dalam membangun karakter remaja yang berintegritas, beretos kerja dan gotong ryong.Sementara itu, menjawab pertanyaan wartawan usai peringatan harganas terkait rahasia Jatim sukses dalam pemberdayaan masyaraka sehingga memperoleh berbagai penghargaan pusat, Ketua TP PKK Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo Ms menjelaskan kekompakan antar petugas di lapangan menjadi kunci sukses keberhasilan, khususnya KB, kesehatan dan PKK.

Propinsi Jawa Timur  menominasikan tujuh kelompok kesehatan untuk mengikuti lomba tingkat nasional.Acara ini juga dimeriahkan dengan adanya stand pameran program dan produk unggulan kelompok  UPPKS yang di ikuti 38 kelompok dari 21 kecamatan sekabupaten ponorogo. (man)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement