Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Peringati Hari Jadi Blitar dan HUT RI Dinas Pendidikan Gelar Pagelaran Seni



Bupati Blitar Rijanto (empat dari kanan) menyanyikan lagu Caping Gunung, didampingi Sekda Totok Subihandono dan Kepala Disdik Budi Kusumo.
BLITAR – Memeriahkan suasana Hari Jadi Blitar ke 693 dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-72, Dinas Pendidikan Kabupaten  Blitar menggelar pagelaran seni, di Aula Garuda Kantor Dinas Pendidikan, Jalan Raya Garum Kabupaten Blitar, Rabu (9/8/2017).  Pagelaran seni tersebut ditampikan oleh siswa SD dan SMP yang menyajikan tarian caping pesisir, tari pitik walik, pantomim kupu-kupu, menyanyi solo putra dan putri, puisi kemerdekaan, tari kemerdekaan, tari gambyong, sholawatan, seni angklung, menyanyi keroncong, karawitan, puisi dan music tradisional.

“Tujuan kegiatan ini untuk menggali potensi serta minat dan bakat siswa di Kabupaten Blitar.  Dilaksanakan untuk memperingati Hari Jadi Blitar ke 693 dan HUT Kemerdekaan RI ke 72, sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini kita mampu menggali potensi dengan tidak melupakan wawasan kebangsaan. Di Kabupaten Blitar ini ada banyak potensi budaya yang harus kita gali,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Budi Kusumo kepada media.

Ia menerangkan, kegiatan ini merupakan kelanjutan dari pentas seni yang digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Seni dan Budaya pada semester sebelumnya.  Jika pentas seni  MGMP yang tampil adalah para guru, maka yang tampil pada pagelaran saat ini adalah produk hasil pembelajaran yakni para siswanya. “Kegiatan ini kita laksanakan secara mandiri, dengan dibantu oleh CSR dari Bank Jatim dan Bank BRI. Kesenian di Kabupaten Blitar harus dikembangkan dan dilestarikan,” tukasnya.

Sementara Bupati Blitar Rijanto mengatakan kegiatan ini sangat bagus karena memberikan ruang tampil berkesenian bagi sekolah yang ada di Kabupaten Blitar. orang nomor satu di Pemkab Blitar ini juga berharap, pagelaran seni semacam ini digelar pada setiap semester. “Bahkan kalau perlu tidak hanya setiap satu semester, tapi per tribulan tidak apa-apa. Supaya memberikan ruang waktu MGMP Seni dan Budaya untuk menampilkan hasil proses belajar mengajarnya kepada teman-teman sesama pendidik,” kata Bupati.

Kegiatan Pagelaran Seni ini digelar dengan sangat meriah dengan dihadiri ratusan kepala sekolah dan Guru Paud, TK, SD dan SMP se Kabupaten Blitar. hadir pula dalam kegiatan ini Sekda Pemkab Blitar Totok Subihandono serta pengawas pendidikan dan Kepala UPTD Pendidikan se Kabupaten Blitar. Dalam kegiatan ini juga diumumkan nama-nama siswa Kabupaten Blitar yang meraih prestasi tingkat provinsi dan nasional di tahun 2016/2017 pada bidang seni budaya, Sains dan olahraga. (dro)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda