Bimbingan Teknis Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Gratis



TULUNGAGUNG - Perkuat pendidikan dan perkuat kesejahteraan guru demikian penyampaian Wakil bupati Tulungagung Drs. Maryoto Bhirowo, MM. Saat menyampaikan sambutan bantuan penyelenggaraan kegiatan bimbingan teknis tahun 2017 di Hotel Istana pada Rabu (20/9). 

Pendidikan murah dan pendidikan gratis adalah salah satu visi misi dari Pemerintah daerah yang sekarang untuk merealisasikan kegiatan bantuan penyelenggaraan pendidikan gratis dan penyelenggaran pendidikan gratis ini adalah dalam rangka penlaksanaan wajib belajar 9 tahun mulai tingkat SD sampai ke tingkat SMP. Pendidikan ini adalah membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan selanjutnya. 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pengelolaan bantuan penyelanggaraan pendidikan gratis. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tulungagung, Suharno, MM, M.Pd menyampaikan, pelaksanaan kegiatan, kepala SMP Negeri 48 orang, kepala UPT Dindikpora Kecamatan 19 orang, ketua Panitia Pengelola Bantuan Pendidikan SD Negeri 612 orang, ketua Panitia Pengelola Bantuan Pendidikan SMP Negeri 48 orang. 

Adapun bantuan yang diberikan seluruhnya sebesar Rp 30,539,710,000 dengan rincian untuk SD Negeri sebanyak 612 lembaga dengan jumlah siswa 25.870 siswa dengan jumlah anggaran sebesar Rp 14,562,290,000. Sedangkan untuk tingkat SMP Negeri 48 lembaga dan jumlah siswa sebanyak 33.507 siswa dengan anggaran Rp 15,977,420,000. 

Dalam pelaksanaan kegiatan bantuan penyelenggaraan sekolah gratis menggunakan prinsip efisien, ekfektif, transparan, akuntabilitas, kepatutan, dan manfaat sehingga dalam pelaksanaannya tepat sasaran. Diharapkan dengan adanya bantuan pendidikan nantinya dapat meringankan beban biaya pendidikan bagi orangtua sehingga program pendidikan murah berkualitas dan dapat terwujud di Kabupaten Tulungagung. 

Sedangkan untuk kedepan bantuan seperti ini akan terus dipergunakan. Di pemerintah Kabupaten Tulungagung sehingga akan terwujud Tulungagung yang ayem tentrem mulyo lan tinoto, ucap pimpinan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga.  (NAN/HUM)

Posting Komentar

0 Komentar