Festival Jajanan Sehat Sekolah TP-UKS Tercatat Muri



Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum sedang meninjau jajanan yang dipamerkan di Festival Jajanan Sehat Sekolah di halaman parkir Timur Mall Ramayana Sidoarjo.
SIDOARJO - Festival Jajanan Sehat Sekolah di halaman parkir Timur Mall Ramayana Sidoarjo yang digelar oleh Tim Pembina-Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Kabupaten Sidoarjo tercatat dalam Rekor Dunia Indonesia/Museum Rekor Indonesia (MURI) yang ke 8.076, Kamis (31/8/2017).
Kegiatan yang memamerkan berbagai macam jajanan kantin sekolah dan diikuti oleh 10 Sekolah Dasar (SD), 10 Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) tersebut digelar mulai hari ini hingga 3 September 2017 nanti.
Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah, SH, M.Hum yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan seperti ini merupakan sarana sosialisasi jajanan sehat sekolah karena masih banyak jajanan yang kurang menyehatkan yang dijual dikantin sekolah. “Dengan kegiatan seperti ini diharapkan kantin-kantin sekolah berlomba-lomba menyedikan jajanan sehat dikantinnya,” katanya.
Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah mengungkakan bahwa dengan festival seperti ini, masyarakat dapat menyaksikan dan menikmati berbagai macam jajanan sekolah yang bersih dan menyehatkan. Selain itu para pelajar dapat mengetahui dan memahami kandungan kalori setiap jajanan yang dikonsumsi sehingga diharapkan berpengaruh positif terhadap pelestarian jajanan khas daerah, utamanya makanan khas Sidoarjo.
“Melalui jajanan UKS ini, kita dapat menyaksikan dan menikmati berbagai macam jajanan sekolah baik dari segi kuantitas maupun kualitasnya,” ungkapnya.
Manager MURI Ariani Siregar menjelaskan bahwa rekor MURI kali ini bukanlah yang pertama dicapai oleh Kabupaten Sidoarjo karena ditahun 2002 sampai 2009 tercatat 5 rekor, seperti rekor selendang bordir terpanjang ditahun 2002, pameran lukisan anak terpanjang ditahun 2004 serta kuis RT/RW dengan peserta terbanyak ditahun 2005.
Ditahun 2009, Kabupaten Sidoarjo juga mencatatkan festival pembuatan klepon dengan peserta terbanyak dan kegiatan menggoreng krupuk serentak dengan peserta 1.088 dalam MURI. “Hingga saat ini MURI telah mencatat lebih dari 8 ribu prestasi putri-putri Indonesia,” jelasnya. Sementara itu Tim Pembina UKS Kabupaten Sidoarjo Drs. Tirto Adi menerangkan bahwa kegiatan tersebut adalah yang pertama diselenggarakan di Indonesia.
Kegiatan kali ini merupakan program kolaborasi dari TP-UKS Jawa Timur (Jatim), TP-UKS Sidoarjo dan perusahaan minuman teh.“Tuuan Festival Jajanan Sehat Sekolah untuk membudayakan prilaku sehat dalam pemilihan dan penyediaan makanan sehat di sekolah,” terangnya.
Selain itu melalui kegiatan seperti ini diharapkan pemangku pendidikan paham akan pentingnya memilih, mengolah dan membuat varian jajanan kantin sehat yang di minati oleh siswa. (had)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement