Tahun Baru Islam Kali ini Diharapkan Membawa Banyak Berkah

Akhmad Zaeni, Kades Tongas Kulon Kec. Tongas (tengah) ditengah kegiatan  Selamatan Desa 2017.
PROBOLINGGO - Berpegang teguh pada budaya bernuansa agamis merupakan komitmen yang selama ni dipegang oleh pemerintah desa (pemdes) Tongas Kulon Kecamatan Tongas Kabupaten Probolinggo. Hal ini nampak ketika Pemdes setempat menggelar kegiatan Selamatan Desa sebagai ungkapan mewujudkan rasa syukur atas terciptanya kondisi desa dalam satu tahun kebelakang kondusif.

Acara yang ditempatkan di pelataran pendopo kantor desa ini, selain mengagendakan ritual tahunan selamatan desa, juga dalam rangka Haul sesepuh desa serta menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1 Muharrom dengan kegiatan kemasyarakatan berupa Khitanan Massal, Kamis-Jumat (21-22 September 2017). Hadir dalam kegiatan ini, Camat Tongas, Forkopimka, Babinsa, Tokoh Agama dan masyarakat, RT/RW serta ribuan warga desa Tongas Kulon.

Hasil pantauan dilokasi berlangsungnya kegiatan, ritual selamatan desa, haul sesepuh desa dan menyambut 1 Muharram ini diwujudkan dengan doa bersama di pendopo desa dan tradisi tumpengan. Selain itu ada kegiatan pemberian santunan pada sejumlah anak yatim piatu, khataman Al Quran disetiap Musholla dan masjid yang berada di desa tersebut. Yang menarik dari kegiatan tahun ini yaitu dengan diadakannya pawai 100 obor yang dipandu langsung oleh Kepala Desa Tongas Kulon.

Akhmad Zaeni  (31), Kepala Desa (Kades) Tongas Kulon saat diwawancarai terkait kegiatan tersebut mengatakan bahwa selamatan desa ini merupakan agenda rutin yang selalu dilakukan di desanya. “Kami berharap ada keberkahan dari ritual keagamaan ini. Kegiatan ini juga sebagai ungkapan rasa syukur, karena selama setahun kemarin,  desa Tongas Kulon dalam kondisi yang Aman dan kondusif.”ujarnya.

Ditambahkan oleh suami dari Khuriatul Iklima (21) dan Bapak dari 1 putra ini, harapan atas desa yang dipimpinnya dan warga desa “Mudah-mudahan dengan Selamatan ini, Desa Tongas Kulon dijadikan desa yang Baldatun Toyyibah warobbun ghofur, warganya sejahtera dan kondisi wilayah yang aman dan kondusif.”tambahnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar