Optimalkan Peran Kades Untuk Sukseskan Pilkada 2018



JOMBANG - Untuk meningkatkan partisipasi Masyarakat dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang, Pemkab Jombang menggelar rapat koordinasi (Rakor) penguatan peran Kepala Desa (Kades) dalam mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Rakor yang diikuti seluruh Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Jombang tersebut di gelar di Pendopo Kabupaten, Senin (22/10/17).
Drs. Purwanto, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Setdakab Jombang saat memberikan laporan mengatakan tujuan Rakor ini adalah untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada pada tahun 2018 mendatang melalui peran yang optimal dari para kepala desa.

Peran kades, kata Purwanto sangat penting dalam mensukseskan Pilkada. Ia menyebut, Kades selalu menjadi garda depan, kades terlibat mulai pendataan hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT). "Inilah penting nya sosialisasi ini, jadi para kades harus tau tugas tugas nya dalam mensukseskan pilkada mendatang," tandasnya. Sementara Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang membuka rakor tersebut berharap pada pilkada mendatang jumlah partisipasi masyarakat dapat ditingkatkan.

Tiap penyelenggaraan Pemilu, kata Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selalu melakukan evaluasi. Dari evaluasi tersebut, imbuhnya pada Pilkada tahun 2008, Lanjutnya jumlah pastisipan mencapai 70,6%. Pada pilkada tajun 2013 partisipan turun menjadi 70,2%. "ini yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan Pilkada tahun depan. Tak hanya sukses partisipan juga harus meningkat minimal 75-80% partisipan," ujarnya.

Untuk memberikan wawasan lebih banyak tentang pelaksanaan Pilkada mendatang, para Kades yang hadir diberikan materi yang disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Komisioner KPU, Polres Jombang dam dari Kejaksaan Negeri Jombang.(kom/ko)-ok
Lebih baru Lebih lama
Advertisement