Tahun Depan Kartu Tani Tulungagung Diluncurkan

TULUNGAGUNG - Rencana Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung akan mewujudkan peluncuran kartu tani tahun depan. Para petani sudah lama menunggu niat baik dari pemerintah. Kini tinggal menunggu peluncuran kartu tani tersebut. Seperti yang dikutip pada edisi 0329 Mei lalu, bahwa Kepala Dinas ertanian Tulungagung, Suprapti mengatakan, per kartu tani sejenis kartu atm akan diberikan tiap satu orang petani. Kartu tani tersebut akan menggantikan Rencana Devinitif kebutuhan kelompok atau RDKK. Dan kartu tani nantinya bisa dipergunakan satu sampai tiga orang petani. 

Akan tetapi, kartu tersebut hanya dapat digunakan tiap satu orang petani saja. Cara pembayarannya, kelompok tan yang nantinya membayar langsung ke Bank BNI, yang telah bekerjasama dengan pemerintah. Kartu tani tersebut telah diuji coba oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung terhadap 106 Kepala keluarga yang berada di desa Mulyosari Kecamatan Pagerwojo. Sedangkan luas lahan tanaman yang mendapatkan maksimal dua hektar. Suprapti juga menargetkan sekitar 5000 hektar lahan pertanian kan dibuka di beberapa kecamatan, khususnya tanaman kedelai, ucapnya. 

Bagi petani tidak lagi melalui Dinas Pertanian, nantinya kelompok tani dapat langsung mengambil pupuk ke kios yang telah ditunjuk. Teknis kerjanya pabrik mitra pemerintah mendistribusikan pupuk ke distributor dan distributor mendistribusikan ke kios dan kios mendisribusikan ke kelompok petani. 

Semua data di Dinas Pertanian sudah kita berikan ke pengelola berdasarkan luas wilayah yang ada di tiap kecamatan yang ada tanamannya, berupa tanaman pertanian. Bantuan pupuk bersubsidi tetap membeli, namun, harganya lebih murah. Seperti kios kayaknya tidak semua desa punya, dan rata-rata ada yang lebih dari satu kios di desa, tergantung distributor. Untuk itu, petugas lapangan yang nantinya akan mendata kelompok tani dengan kepala des di masing-masing tingkat desa. 

Rencana tahun depan kartu tani sudah dapat dipergunakan tentang kartu tani tersebut yang dikeluarkan oleh Bank BNI, informasi jelasnya, bisa datang ke distributor atau ke Bank BNI yang telah ditunjuk pemerintah, ujar sarana prasarana Dinas Pertanian Kabupaten Tulungagung, arti, Selasa 10/10 di ruang kerjanya. (NAN)

Posting Komentar

0 Komentar