Dinsos Data Penderita Gangguan Jiwa

BATULICIN - Dalam rangka untuk mengetahui seberapa banyak orang yang menderita gangguan jiwa di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) maka Dinas Sosial  Tanbu melaksanakan pendataan terhadap mereka yang diduga menderita Gangguan Jiwa. Pendataan dilakukan khususnya diwilayah Kecamatan Kusan Hilir Kab. Tanbu, Selasa (23/1/2018).

Kepala Dinas Sosial Tanbu, Drs Basuni, melalui Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial H Rahman, S.Ap,MM mengatakan pendataan dilakukan berkaitan dengan adanya pelaksanaan program penjangkauan sosial bagi penyandang disabilitas mental ODGJ tahun 2018.

"Ini program Pemprov Kalsel untuk membantu warga masyarakat khususnya  ODGJ. Dalam hal ini, Dinsos Tanbu melalui Bidang Rehabilitasi Sosial membantu dalam hal pendataannya," Sebut H Rahman.

Dalam kegiatan pendataan, Dinsos Tanbu dibantu  Petugas Puskesmas, Bidan Desa, Aparat Desa, Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), dan Tim Panti Sosial Bina Laras Budi Luhur Banjarbaru.

H Rahman menambahkan, untuk kuota penerima bantuan sosial Tahun 2018 dari Pemprov Kalsel, Kabupaten Tanah Bumbu mendapat  kuota sebanyak 30 ODGJ yang akan menerima bantuan sosial. Mereka yang dibantu adalah yang belum pernah menerima bantuan sebelumnya. Bantuan akan diberikan secara berkala, sekaligus dilakukan pemantauan atau evaluasi perkembangannya.

Setelah pendataan, maka langkah selanjutnya akan ada pertemuan dari pihak panti dengan keluarga ODGJ dan memberikan bimbingan kepada seluruh keluarga ODGJ.  (Mc.tanbu/adv/maiya)

Posting Komentar

0 Komentar