Dishub Akan Tambah Rute, Bus Suroboyo Mengalami Peningkatan Penumpang



Surabaya NewsWeek - Secara perlahan, Pemkot Surabaya terus berupaya merubah kebiasaan warga untuk menggunakan transportasi massal dengan menambah rute, unit Bus Suroboyo serta memperbanyak halte.

"Membentuk masyarakat mau berpindah ke transportasi massal butuh waktu dan bukan karena digratiskan tetap dengan adanya angkutan akan mengurangi kemacatena sudah mempunyai nilai ekonomi kota yakni, berupa keuntungan mengurangi beban jalan berupa kepadatan," kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Surabaya Irvan Wahyu Drajat, Senin (30/4/2018).

Dalam waktu dekat pihaknya mendapat bantuan dari bank swasta 2 unti bus yang rencananya digunakan untuk, melayani rute barat - timur mulai Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Pakuwon hingga, ke Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS).

Menurut Irvan, 2 unit bus tambahan sama sama lowdeck namun double decker. "Ada tambahan lagi dua untuk rute barat dan timur, mulai Unesa PTC sampai ITS, lewat tengah, HR Muhammad - Mayjend Sungkono - Dr Soetomo - Raya Darmo langsung melambung ke Moestopo hingga ke ITS," tandas  Irvan.

Selain tambahan dua unit bus, Dishub secara bertahap juga akan menambah serta memperbaiki fasilitas halte yang sudah ada. Perbaikan serta pembangunan halte dimulai dengan pembuatan halte keberangkatan di Terminal Purabaya.

"Saat ini sedang kita kerjakan. Sehingga nanti halte di Purabaya, Bus Suroboyo akan berangkat dari terminal kedatangan bus kota, yang sebelumnya berangkat dari pintu keluar," katanya.

Sementara  utnuk jumlah penumpang Bus Suroboyo sejak diluncurkan 9 April lalu terus mengalami peningkatan. Jumlah ini disyukuri Dishub dan akan terus mensosialisasikan agar, jumlahnya terus bertambah agar, beban jalan berkurang.

"Rata rata perhari meningkat 15 persen, sejak dari hari pertama diluncrukan 9 April lalu," tambahnya. (Ham )

Lebih baru Lebih lama
Advertisement