Mengurai Kemacetan Jalan Royal Plaza, PU Bina Marga Siapkan Anggaran Rp 450 Juta



Surabaya Newsweek- Untuk mengurai kemacetan di jalan Royal Plaza Surabaya, karena adanya penyempitan jalur diruas  jalan tersebut, Pemkot Surabaya melalui Dinas Pekerjaan Umum ( PU ) Bina Marga dan Pematusan, rencananya akan memecahkan bottle neck ( Penyempitan jalur – Red ) di pojok Royal Plaza Wonokromo Surabaya, dengan memasang plat penutup rel dan mengaspal jalan sesuai roda KA yang melintas, Pemkot Surabaya sudah menyiapkan anggaran Rp 450 juta.

Erna Purnawati Kepala Dinas PU Bina Marga Surabaya mengatakan, secepatnya penyempitan jalan di Royal Plaza itu akan dituntaskan. "Kami sudah siapkan plafon anggaran Rp 450 juta untuk menutup relnya," kata Erna, Kamis (5/4/2018).

Menurut Erna,  macet parah di Royal terjadi karena pelebaran jalan dari Frontage Road A Yani tidak bisa langsung nyambung. Ada perlintasan jalan KA yang tidak perlu ditutup kembali karena jalan dilebarkan. 

Akan tetapi,  untuk menutup sekitar 8 meter jalur KA membelah jalan itu perlu spesifikasi khusus dan kemampuan khusus. "Makanya kami lelang. Minggu ini pengumuman pemenang lelang," ujar Erna.
 
Masih Erna, untuk tahap evaluasi para peserta lelang sudah dilalukan. Dinas PU lebih percaya dengan pelaksana yang sudah berpengalaman mengerjakan persimpangan KA. 

Ia yakin, dalam waktu tidak lama pengerjaan menutup blok rel dan mengaspal persimpangan rel ini tidak lama. Diakui menutup persimpangan rel ternyata tidak mudah. 

Sebab harus menyesuaikan ketinggian dan lebar roda KA. Jika ketinggian atau kesempitan akan berakibat fatal. 

Erna yakin, macet parah tiap hari di titik ini akan berakhir satelah persimpangan KA itu tertutup. ( Ham )

Lebih baru Lebih lama
Advertisement