Pesan Bupati Panwaslu Merupakan Ujung Tombak Keberhasilan Pemilu

BATULICIN - Pengawas Pemiihan Umum (Panwaslu) merupakan ujung tombak dari keberhasilan pelaksanaan Pemilu. Meski demikian keberhasilan dan kelancarannya maka sangat Pemilu sangat ditentukan kualitas kinerja Panwaslu. Kerena itu pula, program kerja Panwaslu harus terencana dengan baik dan saling bekerjasama pada pihak terkait, penuh kehati-hatian maupun bertindak terhadap masyarakat.

Hal ini dikatakan Bupati Tanah Bumbu Mardani H Maming dalam sambutannya melalui Staf Ahli Bupati Bidang Hukum dan Politik H. Muhammad Thaha.M.Pd pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah anggota panwaslu Desa dan Kelurahan 10 Kecamatan di halaman panggung wisata kota Pagatan Kecamatan Kusan Hilir  Jumat (13/04).

Dia menambahkan, kerja Panwaslu dianggap penuh tantangan, sebab kerjanya lebih pokus menjaga marwah demokrasi maupun peningkatan kualitas Pemilu itu sendiri.“Dengan kerja dan koordinasi yang baik, penuh cermat dan disiplin petugasnya maka segala kendala apapu yang dihadapi dapat teratasi,” imbuhnya.

Kepala Bawaslu Kalsel Iwan Setiawan mengatakan. Panwaslu Kelurahan dan Desa memiliki tugas yang satu paket dalam perayaan demokrasi tahun depan Yakni Pemilu Legislatif, pemilihan Bupati dan Wakil Bupati serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Dia menjelaskan, peran Panwaslu sangat menentukan terpilihnya Bupati, anggota DPR dan DPRD maupun Presiden yang di dasari sebuah kejujuran dalam berdemokrasi.“Kalian harus konsisten dalam tugas, kerena kalian bisa membatalkan para calon bila itu terbukti melanggar aturan pemilihan, untuk itu jaga indepensi sebagai Panwaslu, hindari perbuatan yang dianggap melanggar sumpah sebagai  anggota Panwaslu,” tendasnya.  (Mc/Adv/Maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement