SMKS BANGUN BENUA MENJADI SASARAN NON FISIK GIAT TMMD KE 101 WILAYAH KODIM 1022/TNB

BATULICIN - Rupanya Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) 101 Kodim 1022/Tanah Bumbu tidak hanya terfokus Pada pembuatan badan jalan sepanjang 4340 meter dan bedah rumah warga yang tidak mampu namun juga melakukan kegiatan non fisik seperti yang telah dilaksanakan pada Senin 23/4- 2018 sekitar pukul 08.30 Wita.

TMMD telah melaksanakan kegiatan non fisik Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Bela Negara dan Cinta Tanah Air  dalam rangka  TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD ) ke 101 Wilayah Kodim 1022/Tnb .

Dalam rangkaian yang sama sebelum pelaksanaan kegiatan sosialisasi Pjs Pasi Ter Kapten Inf Wahyono ( Danramil 1022-03/Khu ) bertindak selaku Pembina Upacara di Halaman SMKS Bangun Banua Desa Barokah Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) kemudian dilanjutkan  Sosialisasi di Aula SMKS Bangun Benua.

Pada Kesempatan tersebut Kapten Inf Wahyono selaku Nara Sumber menyampaikan 3 unsur dasar yang melandasi Wawasan Kebangsaan yaitu :

1. RASA KEBANGSAAN ( Perasaan Rakyat , masyarakat dan Bangsa terhadap kondisi bangsa Indonesia dalam perjalanan menuju cita cita bangsa yaitu Masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 )

2. PAHAM KEBANGSAAN ( Pemahaman Rakyat dan Masyarakat terhadap Bangsa dan Negara yang di Proklamirkan Kemerdekaannya pada 17 Agustus 1945 / Pemahaman hrs sama dlm hal sejarah kelahiran bangsa Indonesia dan Bagaimana mewujudkan masa depan bangsa )

3.SEMANGAT KEBANGSAAN ( Perpaduan antara rasa dan paham kebangsaan / Motivasi untuk mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai Dasar Negara sehingga mampu mencegah terjadinya ancaman terhadap Keutuhan dan Kesatuan  Bangsa dan diharapkan mengalir Kesetiakawanan Sosial , Semangat Rela Berkorban dan Tumbuh Jiwa Patriot.

Dalam Kesempatan terakir sebelum sosialisasi berakhir ada 3  attensi yg diberikan kepada siswa siswi selaku generasi penerus bangsa adalah sbb :

1. Tumbuh kembangkan wawasan kebangsaan dalam kehidupan sehari hari ( termasuk juga dilingkungan Sekolah )

2. Hayati dan Pahami secara utuh butir butir wawasan Kebangsaan ( Rasa , Paham dan Semangat Kebangsaan )

3.Bina terus Semangat Kebangsaan, Persatuan dan Kesatuan Bangsa. (Rell /TMMD-Kodim 1022/Tnb/Maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement