Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Sekda Roeswandi : SPIP Penting Dalam Mengelola Pemerintahan Dan Birokrasi Secara Baik


BATULICIN - Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) sangatlah penting. Hal ini merupakan tanggung jawab yang melekat dipihak kepala SKPD. Pemahaman tersebut harus disepakati, bahwa SPIP itu termasuk tanggung jawab semua dalam   mengelola pemerintahan dan Birokrasi secara baik.

Hal ini dikatakan  Sekda Tanah Bumbu Roeswandy Salem.M.Sos.MM saat acara arahan Perwakilan BPKP Kalsel terkait  Internalisasi percepatan  SPIP  bagi pejabat Esselon II dan Kepala SKPD dijajaran Pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu di ruang rapat Setda Senin (04/06) Kantor Bupati.

Mantan Kepala BPKAD Tanbu ini mengatakan. Hal demikian  merupakan gagasan yang saat ini sedang dikembangkan pihak BPKP sesuai intruksi Presiden RI. Yakni bagaimana Pemerintah Daerah bisa menjalankan SPIP. Dia menambahkan, dari  beberapa waktu hasil evaluasi  BPKP sudah menetapkan bahwa ada beberapa SKPD yang sudah menjalankan SPIP tersebut dengan ketentuan dan  sudah ditetapkan.


Sekitar  11 SKPD  yang sudah dianggap bagus dalam rangka SPIP dalam tata kelola pemerintahannya. Tentu pihaknya Hari ini  bersepakat untuk menggiring  tersebut menjadi lebih baik dalam rangka 100 persen pencapaian SKPD.

“11 SKPD ini  adalah tahap awal kita lakukan dan rencana BPKP  akan disampaikan oleh Pemerintah pusat  untuk diberikan penilaian dan tahap kedua akan kita kirim lagi  data untuk  100 persen. Bagi SKPD yang belum menerapkan sistem ini dengan baik maka dalam jangka waktu 2 bulan kedepan akan dilakukan pembinaan oleh  BPKP,”terangnya.

Menurutnya lagi, SPIP itu sangatlah penting bagaimana Pemerintah Daerah  mampu   mengelola birokrasi dan pemerintahan  yang baik. Dan  kalau faktor resiko maupun  lainnya mampu diterapkan maka akan memudahkan sebuah pertanggungjawaban.

”Diharapkan, kita bersepakat mengiring hal ini, maka dalam tempo 3 bulan akan ada evaluasi Sebagaimana disampaikan Wakil Bupati Tanbu bahwa itu akan di beri penilaian maupun reword bagi SKPD yang bagus dalam penerapannya,”tutupnya.

Sementara itu, Kegiatan ditandai dengan  pernyataan komitmen dan penandatanganan sejumlah kepala SKPD dihadapan Sekretaris Daerah Kab. Tanbu Roeswandi Salem. M.Sos.MM serta perwakilan BPKP kalsel  Rahmad Manulang. (mc/adv/maiya)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda