Warga Desa Pulau Burung Dilatih Cara Pembuatan Tripikon S

BATULICIN - Pemerintah Kabupaten  Tanah Bumbu melalui Dinas Kesehatan setempat   mengelar pelatihan  pembuatan Tripikon S kepada masyarakat Desa Pulau Burung Kecamatan Simpang Empat Rabu (15/08/18).

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Tanah Bumbu DR. H. Damrah melalui Kabid Kesehatan Masyarakat H. Rahmatullah, SKM., MM mengatakan.  Tripikon S merupakan produk jamban sehat yang diperuntukkan bagi warga yang bermukim disekitaran pinggiran sungai atau wilayah perairan.

"Tripikon merupakan jamban yang sudah dimodifikasi  dari paralon,  khususnya bagi penduduk yang tinggal didaerah perairan. Cara kerjanya  mampu mengurai kotoran sehingga itu dinilai mampu untuk tidak mencemari daerah perairan, kata Rahmatullah.

Untuk itu, melalui program pelatihan usaha sanitasi,  Rahmat berharap agar peserta nantinya dapat memiliki kemampuan untuk membuat jamban sehat dalam rangka mendukung program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di Bumi Bersujud. "Tujuannya tentu untuk mengantisipasi pencemaran air sungai akibat buang air besar sembarangan (BABS), "jelasnya.

Terakhir  dia menyebutkan bahwa buruknya kondisi sanitasi bisa menjadi penyebab munculnya berbagai penyakit, seperti diare, Demam Berdarah Dengue (DBD), gatal-gatal pada kulit, serta penyakit lain yang dapat bermunculan akibat kurangnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan MPerilaku Hidup  Bersih Sehat (PHBS)  yang akhirnya dapat menyebabkan menurunnya kualitas kesehatan lingkungan.

"Untuk  itu Pemerintah Daerah  sangat mengharapkan pembuatan Tripikon S di Desa ini dapat menjadi percontohan Desa lainnya kerena tidak semuanya Desa yang berada di kawasan perairan menggunakan pola ini, "tandasnya.

Sementara itu dengan adanya pelatihan ini,  turut di apresiasi Kepala Desa setempat.  Sebab Desa Pulau Burung akan di canangkan sebagai kawasan Wisata pulau. "Sebagai Daerah Wisata kami tak hanya menyiapkan infrastruktur pendukung nya namun hal yang sangat penting adalah sanitasi juga mendukung, jauh dari pencemaran hingga selalu bersih sehat lingkungannya ,"ungkap Saidina. (Mc/Adv/Maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement