KH. Muhammad Zhofarudin : Jangan Remehkan Tahun Baru Islam

BATULICIN - Peringatan Tahun Baru Islam di Kabupaten Tanah Bumbu turut disemarakan dengan Tabliq Akbar KH. Muhammad Zhofarudin. Kehadiran sapaan Guru Udin dari Samarinda itu turut menyedot perhatian  jamaah di lokasi pemakaman Almarhum  H. Maming sebagai orang tua mantan Bupati Tanbu Mardani H Maming,Selasa  malam (18/09) Kelurahan Batulicin.

Dalam Tausyiah nya Guru Udin mengajak para Jammah agar memaknai Tahun Baru Islam sebagai tahun hijrahnya Rasullullah Nabi Muhammad SAW. "Untuk itu kita tidak boleh meremehkan tahun baru islam, ini adalah sebagai tahun introfeksi diri menuju kualitas insan yang lebih baik sebagai mana  makna hijrah yang sudah di ajarkan Nabi Muhammad kepada kita semua, " ucapnya.

Bicara tentang kemulyaan bulan Muharam, penceramah yang kocak ini turut menguraikan, dimana dalam bulan itu terdapat hari Asyura tepat pada 10 muharam. Dalam hari Asyura itu Allah telah menurunkan segala rahmat kepada hambanya. Disitu pula terdapat sebuah peristiwa Nabi Nuh yang sedang ditelan ikan besar selama 40 hari, namun berkat rahmat Allah Nabi Nuh akhirnya keluar dari perut ikan.

"Dalam hari Asyura itu kita di anjurkan memulyakan anak yatim sekaligus mengusap rambutnya dan bersadaqoh pada mereka. Sebagaimana kata  Rasulullah orang yang memulyakan anak yatim kelak akan bersamaku bagai jari tengah dan jari telunjuk, "ungkapnya.

Sebelumnya di kesempatan itu Sekretaris Daerah Tanbu H. Rooswandi Salem. M.Sos.MM turut mengajak para jammah yang hadir untuk memaknai tahun baru 1440 hijriah sebagai wujud meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt.

"Sebagai memaknai hijrah sesungguhnya Kita berharap ditiap perayaan Muharam itu kita  harus menghijrahkan diri agar lebih baik dari sebelumnya," jelas Sekda saat membacakan sambutan Plt.Bupati Tanbu.

Menurutnya, kunci dari itu semua adalah sebuah evaluasi diri terhadap apa yang sudah kita perbuat. "Melalui Tablik  akbar yang di sampaikan ini mari bersama  kita jadikan bekal ilmu yang sudah di dapat akan  semakin mempertajam evaluasi diri untuk yang lebih baik, "pangkasnya. (Mc/Adv/Maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement