Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Hasan Aminuddin Hadiri Acara Petik Laut Desa Randu Putih


Kades Randuputih H Sukandar bersama H Hasan Aminuddin
PROBOLINGGO - Sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan mengharap berkah bagi keselamatan dan kesejahteraan warga desa, maka pemerintah Desa Randu Putih Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo menggelar kegiatan selamatan desa yang dikemas dalam budaya Petik Laut, Sabtu (13/10). Acara yang biasa dilangsungkan setipa dua tahun sekali atau setiap mempunyai kepala desa baru ini dihadiri oleh Camat Dringu, Forpimka Dringu, Tokoh masyarakat dan Agama, RT,RW serta ribuan warga. 

Namun kegiatan Petik laut di desa ini makin bertambah sakral dengan hadirnya Drs H Hasan Aminuddin M.Si, Anggota DPR RI komisi VIII yang secara khusus melihat kegiatan yang juga mengandung unsur kearifan lokal budaya leluhur ini.

Kepala Desa Randu Putih , H Sukandar saat dimintai penjelasan terkait kegiatan tersebut mengatakan “Tujuan dari petik laut itu sendiri adalah meminta kepada tuhan Yang Maha Esa agar supaya dijauhkan dari balak atau musibah dan diberikan rezeki yang banyak. Diharapkan dengan adanya petik laut ini, akan memberi berkah bagi warga desa ini utamanya bagi yang mengandalkan pekerjaan sebagai nelayan, makin banyak rizkinya.”Ujar H Sukandar.

Sementara H Hasan Aminuddin dalam sambutannya mengajaka masyarakat Kabupaten Probolinggo untuk selalu tawadduk mengikuti apa yang menjadi kebiasaaan para leluhur sebatas tidak melenceng dari syiar agama “Jadikan momen Petik Laut ini sebagai upaya memohon pada Allah SWT untuk memberikan berkah dan kebaikan pada masyarakat desa ini terutama bagi para nelayan. Tradisi petik laut ini harus tetap dipertahankan keberadaannya, karena didalamnya banyak terkandung filsafat hidup antara manusia dengan Tuhannya.”Ujar mantan Bupati Probolinggo dua periode ini.

Pelaksanaan acara bersih desa didesa Randu Putih selain dilakukan ritual tradisional, juga dimeriahkan berbagai acara yakni Pawai Budaya yang diikuti oleh semua RT yang ada didesa Randu Putih yang berjumlah 12 RT. Seperti kegiatan sebelumnya, semua RT mengikut sertakan warganya pada acara ini berupa seni tarian yang ada di Indonesia.  Selain itu ada juga hiburan elekton, Orkes Dangdut serta kesenian Ketoprak asal Madura Rukun Famili.

Antusias masyarakat desa Randu Putih dalam menyaksikan berbagai kegiatan dalam even selamatan desa dan Petik Laut ini sangat tinggi. Terbukti animo ribuan warga desa ini dan sekitarnya untuk mengikuti jalannya acara, menunjukan bahwa mereka tidak beranjak dari lokasi berlangsungnya kegiatan tersebut. “Mudah-mudahan acara ini dapat memberi hiburan pada masyarakat desa ini, sekaligus sebagai ajang silaturahmi antar warga.”Pungkas Kades Randu Putih. (Suh)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda