Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Melaui MGMP, Disdikpora Kota Probolinggo Jaring Siswa Ajang Olimpiade MIPA


Kegiatan seleksi olimpiade MIPA tingkat SMP/MTs yang diadakan MGMP Disdikpora kota Probolinggo.

PROBOLINGGO - Pendidikan pada umumnya memiliki peran sangat penting dalam pembentukan kepribadian dan kepribadian dan perkembangan intelektual siswa. Pembaruan dan pengembangan pendidikan diupayakan kearah yang lebih menekankan pada kesesuaian antara kebutuhan dengan masyarakat. Terkait dengan hal tersebut, maka MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) kota Probolinggo memfasilitasi perkembangan intelektual siswa tersebut dengan mengadakan Olympiade IPA.

Kegiatan yang berlangsung di SMPN 8 kota Probolinggo dan dibuka oleh M. Binjali, Pengawas Mapel IPA Disdikpora kota Probolinggo bertujuan sebagai pembinaan, Minat , Bakat dan kreatifitas siswa khusus untuk jejang SMP kota Probolinggo tahun 2019 ini masih dalam tahap seleksi calon peserta. Sebanyak 82 siswa dari sejumlah SMP/MTs baik negeri maupun swasta se kota  ini hadir dalam mengikuti seleksi  calon peserta olimpiade tersebut, Kamis (24/1).

“MGMP mempunyai program dalam rangka pembinaan siswa yang direalisasikan dalam sebuah kegiatan. Yang jelas kita memfasilitasi untuk pembinaan bakat dan minat siswa dalam menjadi bibit bibit yang potensial dalam bidang saint. Kemudian nanti di USN di tingkat kota sekitar bulan Maret dari Kementerian, akan dipilih siswa yang berprestasi untuk  mewakili ditingkat propinsi. Tahun kemarin kita sudah mengikut sertakan siswa ditingkat nasional dan mendapat penghargaan emas dan perunggu.”Ujarnya.

Binjali menambahkan evaluasi di MGMP terkait menjaring peserta dalam olimpiade IPA ini meliputi test tulis berbasis IT, kemudian praktikum baik dari pengetahuan dan keterampilan. “Selanjutnya kita persiapkan untuk tingkat yang lebih tinggi.”tambahnya.

Drs Rudito, Kepala sekolah SMPN 8 kota Probolinggo, saat diwawancarai terkait kegiatan tersebut mengatakan dengan digelarnya kegiatan seleksi olimpiade IPA di sekolah yang dipimpinnya, diharapkan dapat memberi akses atas keberadaan SMPN8 “Even ini diharapkan juga menjadi bagian dari pengenalan SMPN 8 pada masyarakat, karena selama ini SMPN 8 belum banyak dikenal mengingat berada di ujung selatan kota Probolinggo. 

Terkait seleksi olimpiade IPA ini, merupakan satu bentuk responsive MGMP pada kemampuan, bakat dan minta  siswa dalam ilmu pengetahuan.  Selain itu, sebagai tuan rumah kami juga berharap dapat memotivasi siswa sekolah ini untuk berpartisipasi dalam mengembangkan pengetahuannya, sehingga dapat mengikuti seleksi.”Ujar KS SMPN8 yang menjelaskan jika setiap lembaga mengirimkan sebanyak 5 siswa dalam seleksi ini.

Sementara Drs HM Maskur M.Pd Kadisdikpora kota Probolinggo saat dihubungi via seluler mengatakan perlunya pengembangan bakat, Minat dan kreatifitas siswa dimunculkan dalam sebuah even. “Ajang olimpiade baik IPA maupun IPS ini yang jelas akan dapat memacu semangat siswa untuk berlomba dalam ajang tersebut.”terangnya. (Suh)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda