Pacu Pembangunan Berkelanjutan, Kelurahan Mangunharjo Gelar Musrenbang Tahun 2020

Kegiatan Musrenbang perencanaan Pembangunan yang diadakan Kelurahan Mangunharjo kota Probolinggo.

PROBOLINGGO - Guna mencipakan satu kondisi diwilayah yang mengarah pada kemajuan terkait pembangunan, maka Kelurahan Mangunharjo Kecamatan Mayangan kota Probolinggo mengadakan kegiatan musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang diarahkan pada pembangunan tahun 2020, Senin (21/1).

Acara yang dilangsungkan di aula pertemuan kantor Kelurahan Mangunharjo ini,  juga bertujuan untuk perbaikan data usulan yang di sampaikan RT/RW yang sebelumnya disampaikan. Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Mayangan Mujammad Abbas, Lurah Mangunharjo Rizqi Fadillah, Kapolsek Mayangan Kompol Firman, Ketua LPM Suryono, Bhabinkamtibmas, Anggota LPM serta  seluruh RT/RW se Kelurahan tersebut.

Rizqi Fadillah, selaku Lurah Mangunharjo dalam sambutannya mengajak para petugas LPM dan RT/RW Agar dalam menjalankan tugas diwilayah masing-masing selalu teliti dan memprioritaskan tempat yang perlu di dahulukan (Urgent)  Saat melaksanakan pengajuan di bidang fisik maupun bantuan.”Selain itu kami berharap para petugas RT dan RW agar menyampaikan atau mengajukan/ usulan apa yang menjadi problem di wilayah masing masing sehingga bisa di ajukan termasuk adanya data yang cukup jelas dan akurat.”Ujar Lurah perempuan tersebut.

Sementara Camat Mayanga, M Abbas dalam sambutannya mengatakan dengan adanya musrenbang ini, apa yang menjadi harapan masyarakat terkait pembangunan bisa di akomodir namun semua perlu mengacu pada skala prioritas “Musyarawarah pembangunan ini hendaknya dijadikan motivasi untuk melihat sejauh mana titik terstentu yang ada di kelurahan ini yang perlu mendapatkan  sentuhan pembangunan. Adana lokasi yang perlu diprioritaskan untuk segera mendapat pembenahan atau pembangunan hendaknya juga menjadi acuan panitia. Jangan sampai pembangunan salah penempatan, sehingga fungsi nya tidak bisa dimanfaatkan secara baik oleh masyarakat.Ɯjarnya.

Even rapat musrenbang yang pada intinya sebagai upaya  pengecekan terhadap pengajuan/usulan prioritas vital sejumlah wilayah di kelurahan Mangunharjo kec. Mayangan oleh ketua LPM di kota Probolinggo. Pantauan terhadap kegiatan Musrenbang ii, terdapat beberapa usulan yang disampaikan oleh RT ,aupun RW dikelurahan ini yang butuh direalisasikan diantara dari ketua RW 10, agar pembangunan drainase di lingkungan Rw 10 yang diusulkan sejak tahum 2015 hingga saat ini belum terealisasi. Kemudian Untuk pengajuan bak sampah yang janjikan dari DKLH sejak tahun 201t sebanyak 114 buah juga belum terealisasi.

Adalagi usulan dari ketua RW, untuk memanfaatkan anggaran dari perkim, kelurahan maupun APBD agar supaya tepat sasaran dan dapat terserap habis, selain itu agar pembangunan tdk terfokus kepada fisik tetapi juga nonfisik. Ketua RW.6 Kelurahan Mangunharjo juga mengususlkan agar dilingkungan masyarakat perlu ditanamkan pohon yang berbuah, supaya dapat menyejukkan lingkungan serta menjaga kelestarian habitat burung2 di alam bebas.

Atas semua usulan tersebut, pihak LPM berterimakasih kepada RT/RW yang telah aktif dalam kepedulian terhadap lingkungannya. Bahkan Ketua LPM meminta kepada Ketua RT/RW agar dalam pengajuan benar benar di cek lokasi dan kordinasi dengan tokoh masyarakat tentang pengajuan dan usulan sehingga dapat betul betul bermanfaat  Kedepannya.

Ditempat yang sama, Lurah Mangunharjo Rizqi Fadillah saat dimintai komentar terkait kegiatan tersebut menjelaskan bahwa ajang Musrenbang merupakan hal penting terkait pembangunan yang perlu dirembug bersama “Diharapkan dengan adanya Musrenbang ini, apa yang menjadi harapan masyarakat Kelurahan Mangunharjo akan dapat terpenuhi. ”jelasnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar