Pendekatan Strategi Dan Pembangunan Masyarakat Desa Gedangan

TULUNGAGUNG - Masyarakat dimana mereka mampu menciptakan kebutuhan kerja bersama dengan menciptakan kondisi bagi kemajuan sosial yang menciptakan partisipasi ke masyarakat, pembangunan sektor sosial ekonomi perlu diwujudkan didukung yang dikelola oleh organisasi serta partisipasi masyarakat, yang memiliki daya kerja terus menerus dalam kehidupan masyarakat. Program program yang disusun harus disiapkan, menyusun sesuai rencana untuk pembangunan, melakukan analisis kebutuhan di masyarakat yang secara cermat menggali kebutuhan sesungguhnya.

Pembangunan masyarakat sangat dipengaruhi pendekatan strategi dengan program program yang diterima yang dijalankan oleh pemerintah Desa Gerangan. Pengalaman itu yang berdasarkan dari pengalaman seorang Kepala Desa Gedangan, mbah Somoro, sehingga  mengantarkan ke kondisi-kondisi yang lebih baik. Oleh karena itu, pemahaman terhadap pembangunan selalu bersinergi, dinamis terjaga dari ketimpangan sosial yang kadang timbul dalam masalah sekecil apapun, mampu membangun pendekatan dengan memecahkan masalah-masalah yang mereka hadapi, hingga terjadi hubungan timbal balik bagi mereka kepada atasannya, terprogram dalam menyusun pembangunan wilayah Desa Gedangan sebaik mungkin. 

Dengan kalimat di atas ini, masyarakat yang diharapkan mampu membangunnya dengan baik, dapat mendukung program pemberdayaan melalui pembangunan masyarakat yang sejalan dengan konsep membangun yang diharapkan oleh pemerintah Desa Gedangan bersama seluruh perangkat. Sebagai lembaga masyarakat karang taruna, BPD, BPM dan lainnya dapat berinteraksi dengan masyarakat, warganya maupun dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa sadar pemerintah Desa Gedangan memberi ruang kerja sesuai dengan keahlian masing masing. Kegiatan pembangunan yang direncanakan akhirnya mampu mengelola secara baik penuh dengan dinamika. 

Strategis pembangunan yang diciptakan oleh H. Somoro, Kepala Desa Gedangan Kecamatan Karangrejo Kabupaten Tulungagung mampu menerapkan prinsip pola kerja didasari pengalamannya. Pada  tahun 1975 mbah Somoro yang akrab engan nama panggilannya  menjabat sebagai bayan dan ditahun 1985 sebagai Kasun lalu Pj, karena  Kepala Desa saat itu sakit, di pilkades serentak 2017 mbah Somoro terpilih sebagai Kepala Desa Gedangan. 

Diawal 2018 total menjalankan roda pemerintahan Desa Gedangan sampai saat ini. Pertarungan Pilkades saat itu telak meraup suara terbanyak 900 lebih hak pemilih memberikan dukungannya, berbanding dengan lawan politiknya meraup 300 suara lebih dari jumlah 2100 hak pemilih. Masyarakat lebih mempercayakan kepadanya dengan didasari pengalaman yang mumpuni membangun Desa. Tujuan mbah Somoro melayani masyarakat dengan baik  baginya itu sudah cukup, serta melibatkan seluruh perangkat Desa yang ada bersama menjalankan tugas tugasnya  bagaimana program program pemerintah yang turun tersalurkan dengan baik ke  masyarakat, ucapnya Minggu (27/1) kepada wartawan Newsweek. 

Masih mbah somoro, gedung yang kita tempati ini juga milik rakyat, jadi, kita harus bersungguh sungguh menjalankan prinsip prinsip pembangunan dari berbagai sumber yang tersedia bersama komponen masyarakat. Belenggu sosial ini agar dapat menepis yang selama ini, maka kita membuka dan membangkitkan pelayanan, dengan tekad untuk menolong diri sendiri dan kesediaan untuk menolong orang banyak dengan berbagai program yang dirancang dengan pembangunan, hakekatnya adalah merupakan suatu proses perubahan menuju kehidupan yang lebih baik lagi bagi masyarakat, menaruh kepercayaan kepada masyarakat itu sendiri, membangun dirinya sesuai dengan kemampuan yang ada padanya. 

Secara umum untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pada dasarnya pencapaian peningkatan kualitas hidup dan kehidupan  yang sebaik mungkin. Amanah yang ditipkan masyarakat kepada kita, melayani masyarakat, menjalankan roda pemerintahan dengan menggandeng semua perangkat mendudukkan mereka sesuai kemampuan mereka, membangun organisasi masyarakat yang saling bersinergi satu dan lainnya, oleh karena itu, satu tahun sebelum turunnya anggaran Desa melibatkan seluruhnya melakukan pertemuan musyawarah Desa rencana rencana kedepan supaya tepat kesasaran, tutur mbah somoro. Salah satu warga yang tidak ingin di diketahui namanya menyebutkan, kami sebagai warga desa sangat yakin kemajuan desa akan lebih baik mas, selain itu mbahnya udah berpengalaman dapat menghidupkan suasana, juga tidak terlepas mbahnya orang ngerti, kerjanya dengan hati mas, kami yakin kedepannya makin maju, harap warga. (Nan)

Posting Komentar

0 Komentar