Ratusan Tenaga Pengajar Ikuti Sosialisasi Program Bidang Pendidikan Dasar


Kegiatan sosialisasi program pendidikan dasar yang diselenggarakan Disdikpora kota Probolinggo.
PROBOLINGGO - Bertempat di aula pertemuan Dinas Pendidikan Pemudan dan Olahraga (Disdikpor) kota Probolinggo digelar kegiatan Sosialisasi Program Bidang Pendidikan dasar dalam rangka penyelenggaraan akreditasi sekolah kota Probolinggo Tahun 2019, Jumat (18/1).

Agenda ini dihadiri oleh dewan pendidik dari sejumlah lembaga pendidikan setingkat SD/MI baik Negeri maupun swasta se kota Probolinggo. Tercatat undangan dalam kegiatan ini dari SD Negeri sebanyak 75 orang, SD swasta 10 orang dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 26 orang.

Budi Wahyu Rianto, Mau.Ed  Kabid Pendidikan dasar Disdikpora kota Probolinggo dalam laporannya dan sekaligus sebagai pemandu dalam kegiatan tersebut mengatakan kegiatan ini tujuan dilaksanakan even sosialisasi ini sebagai bentuk pemberian wawasan pada para pendidik terkait program pendidikan dasar utamanya dalam mencapai sekolah yang terakreditasi 

“Menyangkut penyelenggaraan akreditasi sekolah tahun 2019, dengan diselenggarakannya sosialisasi ini diharapkan dapat menambah wawasan kepada para tenaga pendidik terkait hal tersebut. Setidaknya pengelola lembaga pendidikan dapat lebih fokus pada program yang telah ada dengan tujuan agar predikat akreditasi dapat tercapai.”Ujarnya.

Sementara Kadis Dikpora, Drs HM Maskur M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan satu bentuk penambahan wawasan pada para pendidik khususnya Kepala sekolah demi terciptanya satu kondisi lembaga pendidikan yang prestisius dan dapat memenuhi criteria termasuk mencakup kesiapan para pendidik dalam memberi bekal pada siswa yang akan menghadapi ujian nasional yang saat ini menggunakan metode komputerisasi. 

”Pelaksanaan ujian sudah dilimpahkan ke daerah termasuk pendistribusian soal soal semua dilakukan daerah. Perlunya kesiapan peserta didik kita dalam menghadapi ujian berbasis komputer seperti yang dimaksud. Target saya tidak ingin mendengar lagi bahwa sekolah didaerah pinggiran kota ini seolah menjadi sekolah tertinggal. Maka dari itu kami sudah melakukan penataan termasuk sarana prasana yang meliputi perpustakaan.”Ujarnya. 

Seperti diketahui, Akreditasi merupakan suatu proses yang berkesinambungan dari evaluasi diri, refleksi, dan perbaikan. Akreditasi dapat juga diartikan sebagai proses evaluasi dan penilaian mutu institusi yang dilakukan oleh suatu tim pakar sejawat (tim asesor) berdasarkan standar mutu yang telah ditetapkan, atas pengarahan suatu badan atau lembaga akreditasi mandiri di luar institusi yang bersangkutan; hasil akreditasi merupakan pengakuan bahwa suatu institusi telah memenuhi standar mutu yang telah ditetapkan itu, sehingga layak untuk beroperasai dan menyelenggarakan program-programnya.

Sepanjang kegiatan sosialisasi tersebut, para peserta atau undangan dapat mengikuti panduan dan arahan yang diberikan oleh motivator dan narasumber. ”Diharapkan dengan sosialisasi dalam rangka penyeleggaraan akreditasi sekolah ini dapat menambah dan memotivasi Kepala sekolah bersama guru demi menciptakan kondisi sekolah termasuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai program pendidikan dasar.”Ungkap Kadisdikpora.  (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar