SMPK Yos Sudarso Blitar Siap Mengembangkan Kompetensi Siswa Mampu Berpikir Kritis

BLITAR – Puncak acara peringatan HUT Ke 56 SMPK 3 Yos Sudarso Kota Blitar berlangsung meriah, Sabtu (26/01). Kemeriahan ini diwarnai oleh kegiatan dari masing masing kelas yang menampilkan kreatifitasnya, berupa pameran karya karya dari siswa yang memanfaatkan ruang kelas untuk pameran, juga peserta lainya dari undangan mitra sekolah, TK,SD dan alumni SMPK Yos Sudarso Kota Blitar.   

Dari pameran ini terlihat betapa keratifitas siswa mulai dari hasil kerajinan tangan,  Karya seni, kuliner tradisional, ilmu pengetahuan. Tampak pula di sekitar halaman sekolah stan jualan berbagai makanan dan kuliner turut meramaikan suasana puncak peringatan HUT. Kegiatan puncak peringatan HUT SMPK 3 YOS SUDARSO Blitar bertujuan mengembangankan kompetensi siswa terutama dalam hal kerjasama, siswa mampu berfikir secara kritis, kolaborasi, memiliki kemampuan berkomunikasi dengan baik dan kreatifitas, nilai nilai pendidikan karakter yang ada saling perduli. Seperti yang disampaikan oleh kepala Sekolah SMPK YOS SUDARSO Cecilia Retno Delfia,S.Pd saat diwawancara. Selain itu beliau berharap dari kegiatan ini “ kami mampu membawa anak anak lebih siap pada dunia yang global ini, serta sekolah ini bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas” ujarnya.

Romo Antonius Iwan Setia Budi  selaku ketua Yayasan Yohanes Gabriel yang turut hadir memberi tanggapan “ Sekolah SMPK 3 Yos Sudarso memiliki sejarah yang cukup panjang karena usianya sudah 56 tahun. Jadi usia yang cukup matang, berpengalaman, usia yang cukup panjang untuk mendidik anak anak yang menempuh pendidikan disini dan prestasi prestasi yang dihasilkan cukup banyak dan ini luar biasa untuk saya. Saya bangga dengan SMP ini apalagi dengan anak anak yang dididik disini anak anak yang siap berjuang dengan para guru yang sudah mulai disiplin sudah mulai bangkit dan siap untuk mengembangkan sekolah ini menjadi lebih baik dan berkualitas dan dengan harapan sekolah ini semakin dipercaya oleh Masyarakat,”

Meningkatnya persaingan didunia pendidikan saat ini dimana sekolah negeri menjadi favorit dari para siswa dalam melanjutkan sekolah nya hal ini bukan berarti sekolah swasta tidak menjadi pilihan bahkan sekolah SMPK 3 Yos Sudarso Blitar siap bersaing dan berkompetisi seperti disampaikan Romo Antonius Setia Budi “ Sekolah Katolik siap untuk bersaing dengan sekolah swasta yang lain dan juga sekolah negeri, memang setiap sekolah mempunyai kualitasnya masing masing, setiap sekolah punya apa yang menjadi spesifikasi dari sekolah itu, dan sekolah Katolik ini menjadi yang khas karena nuansa kekatolikan disekolah ini meskipun sekolah ini tidak mengkatolikan orang tetapi bahwa nuansa katolik Nampak di sekolah ini”. 

Cindy salah seorang siswa kelas IX berkomentar “ Dengan acara ini dalam lingkungan sosial juga bisa membaur dengan teman sekelas, ada beberapa konflik yang bikin bertengkar  tapi dengan kegiatan ini bisa baikan dan dekat lagi. Banyak belajar juga, dari sini kita belajar spiritual dengan nilai keagamaan dan kita punya solidaritas yang tinggi “.

Kordinator Acara Titik sangat senang melihat kegiatan ini seperti komentar dan harapannya . “ Yang jelas acara sukses, dukungan dari wali murid, donator anak sendiri juga antusias dan sekolah mendukung sepenuhnya. Baru kali ini saya ditugasi menjadi kordinator acara sepert ini. Kedepannya kita berharap antusias masyarakat untuk bisa memasukan anaknya di SMPK 3 Yos Sudarso, PDBD berhasil itu yang nomor satu yang diingkan. Kedepannya berharap ini lebih meriah lagi lebih besar lagi, lebih sukses untuk mengundang terutama para alumni ”.

LIndawati selaku wali murid juga memberikan komentar “ Kreatifitasnya anak anak ternyata bagus juga tidak disangka, dari tiap tiap kelas dipilihkan oleh gurunya tema tema  sperti tema science, olahraga serta IPA yang dihias berhubungan dengan ilmu pengetahuan yang mereka pelajari disekolah. Semoga untuk tahun kedepan lebih bagus lagi, guru guru harus bisa menggali kreatifitasnya dari anak anak.

Damayanti selaku wali kelas IX juga menanggapi “ kegiatan ini sangat baik, jadi menggali kreatifitas anak untuk ikut menunjukan kemampuan yang mereka miliki yang selama ini diasuh oleh bapak ibu supaya orang lain bisa melihat bahwa sekolah kita itu baik dan eksis di kota ini. “ terkait persaingan dengan sekolah Negeri Damayanti menanggapi “ Yang membedakan sekolah swasta dan negeri itu bedanya antara gratis dan tidak. 

Tapi yang jelas kami menawarkan fasilitas yang bisa membedakan kami dengan sekolah yang lain, gurunya lebih open, kan beberapa tahun lalu sekolah Yos Sudarso ini masuk jajaran untuk rangking UAN itu bisa meraih juara 1,2 dan 4 itu berturut turut selama 2 tahun kalau gak salah masih masuk juara. Jadi kami senantiasa mendidik anak baik pengetahuan maupun karakternya supaya menjadi anak yang baik bisa bersaing dijenjang SMA nanti. Selamat HUT SMPK 3 Yos Sudarso Blitar Always Success & Be In Our Heart Whereever we GO  (VDZ)

Posting Komentar

0 Komentar